Putussibau, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Dua belas anggota Tim Ekspedisi Heart Of Borneo 2017 pada Sabtu berangkat menjelajahi hutan Kalimantan dari Putussibau di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menuju Balikpapan di Kalimantan Timur.

" Tim ekspedisi akan menjelajah kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dari arah barat di Hulu Sungai Kapuas Kalbar melalui pegunungan Muller Swachner menuju ke arah timur di Hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu Arief Mahmud ketika melepas Tim Ekspedisi melalui Sungai Kapuas di Putussibau.

Arief menjelaskan tim ekspedisi meliputi staf balai besar taman nasional dan warga Tanjung Lokang.

"Mereka orang-orang terlatih yang mampu bertahan di dalam hutan dan masing-masing memiliki kemampuan dalam hal menjelajah survival, identifikasi potensi wisata, fotografer, videografer dan perpetaan," kata Arief.

Tim ekspedisi akan menjelajah lebatnya hutan, keganasan riam-riam sungai dan tebing-tebing di pedalaman Kalimantan selama 14 hari mulai 26 Agustus sampai 8 September untuk memetakan dan mendokumentasikan jalur ekspedisi di jantung hutan Borneo.

Tim ekspedisi memulai perjalanan dari Putussibau menuju Desa Bungan Jaya, yang membutuhkan waktu satu hari menggunakan speedboat.

Keesokan harinya tim akan melanjutkan perjalanan satu hari menggunakan sampan kecil bermesin yang dicebut cess ke Desa Tanjung Lokang.

Dari Desa Tanjung Lokang tim akan melakukan perjalanan darat selama kurang lebih sepuluh hari menuju ke kampung Tiong Ohang di Hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

"Perjalanan selanjutnya adalah menuju Long Bangun kemudian dilanjutkan ke Samarinda dan akan berakhir di Balikpapan," jelas Arief.


Jalur Niewenhuis
 
Ketua Tim Ekspedisi Mustarudin mengatakan tim telah mempersiapkan diri untuk menelusuri jalur Cross Heart of Borneo.

"Kami telah mempersiapkan fisik dan mental jauh hari sebelum kegiatan ini dilaksanakan, selain keperluan pribadi dan kesehatan kami juga telah membekali tim dengan peralatan yang sangat memadai berupa kamera DSLR, Drone, GPS, HP Satelit," kata Mustarudin.

Penjelajah dan dokter perwira berkebangsaan Belanda bernama Anton Willem Niewenhuis menemukan jalur ekspedisi yang disebut Cross Heart of Borneo pada 1896-1897.

Niewenhuis menjelajahi pedalaman Borneo Tengah. Ia memulai ekspedisi pada 3 Juli 1896 dari Putussibau dengan 12 sampan dan 50 awak perahu dari Suku Kayan.

Mengikuti jalan setapak sebelah selatan, mereka menelusuri Sungai Bungan dan Bulit, lalu turun ke Sungai Penane dan Kaso di sebelah timur.

Meski ekspedisi itu merupakan ekspedisi pemerintah kolonial, sebagai ilmuwan Nieuwenhuis juga memperhatikan etnografi dan kondisi medis manusia Dayak dan alam sepanjang Kapuas Mahakam.

Arief mengatakan perjalanan bersejarah itu masih tercatat dengan baik dan membuat penasaran para penjelajah. Belum banyak yang mendokumentasikan jalur itu.

Balai Besar TNBKDS membentuk tim Ekspedisi Cross Heart of Borneo 2017 untuk mengidentifikasi, mendokumentasikan dengan foto dan video, memetakan dan menyebarluaskan jalur ekspedisi tersebut serta potensi wisata dan keanekaragaman hayati di sepanjang jalur hulu Sungai Kapuas dan hulu Sungai Mahakam.

Dia berharap jalur itu akan makin dikenal dan menarik perhatian para wisatawan minat khusus baik dari dalam negeri maupun luar negeri.


Pewarta: Timotius
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017