Banyuwangi, Jawa Timur (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar Festival Jaz Pantai pada Sabtu (2/9).

Kali ini Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) akan digelar di Pantai Cacalan, bukan di Pantai Boom seperti biasanya.

"Karena Pantai Boom masih tahap penataan untuk pengembangan marina atau dermaga yacht-yacht dari luar negeri yang akan bersandar di Banyuwangi," kata Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Pemkab Banyuwangi Agus Siswanto, Selasa, mengenai penyelenggaraan festival yang digelar sejak 2013 itu.

"Kami ingin memberikan pengalaman berbeda di ajang jaz pantai tahun ini. Kalau biasanya yang tampil musik jaz rasa pop, kali ini akan lebih kental nuansa jaz-nya," kata Agus.

Musisi yang akan tampil antara lain Syaharani and Queenfireworks (ESQI:EF), dan gitaris kawakan Donny Suhendra.

"Syaharani dan kawan-kawan adalah satu dari sedikit musikus yang konsisten di jalur jaz. Semoga ini bisa menginspirasi anak-anak muda kami dalam bermusik," ujar Agus.

"Syaharani juga akan berkolaborasi dengan pelaku seni Banyuwangi, dengan seni kuntulan Banyuwangi yang kuat dalam perkusinya," tambah dia.

Pantai Cacalan yang bakal menjadi tempat perhelatan acara ini terletak di sisi utara yang berjarak hanya tiga kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Pantai ini tengah dikembangkan menjadi destinasi wisata baru.

Agar penonton bisa menikmati keindahan pantai, pentas jaz akan dimulai sejak pukul 15.00 WIB.

BBJF tahun ini juga menjadi sarana unjuk kreasi bagi lima band pelajar yang terpilih lewat kompetisi Student Jazz Festival.

"Ajang ini pasti menjadi pengalaman inspiratif bagi mereka," kata Agus.

BBJF merupakan bagian dari rangkaian Banyuwangi Festival 2017 yang digelar setiap tahun. Selain BBJF, akan ada Banyuwangi Ijen Summer Jazz pada 6-7 Oktober.


Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017