Batang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggagas kawasan galangan kapal di Desa Karangsari, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, menjadi destinasi wisata yang memadukan industri kapal dengan bahari.

"Industri kapal di Batang semakin tumbuh, kalau bisa ini malah jadi destinasi wisata galangan kapal sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat," kata Ganjar di sela kunjungan kerja di Kabupaten Batang, Kamis.

Menurut Ganjar, potensi industri pembuatan kapal tangkap ikan di pesisir pantai utara Batang, luar biasa dan berskala besar.

Kendati demikian, Ganjar menyayangkan kondisi kawasan galangan kapal yang kurang tertata sehingga tidak sedap dipandang mata.

Politikus PDI Perjuangan itu berpendapat, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten harus duduk bersama untuk melakukan penataan kawasan galangan kapal.

"Jika tertata akan terlihat cantik, (pemerintah) kabupaten bisa menyiapkan desainnya dan pemprov mendukung. Kalau perlu BBWS saya panggil kemudian duduk bareng untuk menata bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, guna meningkatkan industri kapal yang sebagain besar pekerjanya merupakan warga sekitar tersebut, Ganjar meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memudahkan perizinan galangan kapal.

"Sudah ada keahlian dan order, tinggal mengembangkan. Ini potensi bisnis bagus tinggal jalan dan bisa menyejahterakan masyarakat sekitar, kalau umpama mau ditata tidak sulit bagi pemerintah," kata Ganjar.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017