Abuja (ANTARA News) - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari pada Rabu (30/8) memimpin rapat kabinet pertamanya setelah lima bulan tinggal lama di London untuk menerima perawatan medis.

Purnawirawan jenderal berusia 74 tahun itu, yang terbang kembali ke Nigeria pada 19 Agustus setelah lebih dari 100 hari tinggal di ibu kota Inggris, telah bekerja dari rumah sejak kembali ke Nigeria dan melewatkan pertemuan para menteri pekan lalu.

Buhari memimpin Dewan Eksekutif Federal setelah bertemu dengan D'Tigress -- tim basket perempuan nasional yang memenangkan final AfroBasket Wanita FIBA di Mali pada Minggu.

Ia terlihat memegang trofi emas turnamen itu dan tersenyum di samping tim berpakaian hijau, bersama Wakil Presiden Yemi Osinbajo dalam sebuah foto yang dirilis oleh kantor kepresidenan.

Rapat kabinet pekan lalu, yang akan menjadi pertama sejak Buhari kembali, dibatalkan tanpa penjelasan hingga memicu spekulasi media bahwa presiden belum sepenuhnya pulih.

Buhari tidak pernah memimpin rapat kabinet sejak 5 April dan mengalihkan kekuasaannya kepada Osinbaju untuk mengurangi kekhawatiran atas kekosongan kepemimpinan di negara berpenduduk paling padat di Afrika tersebut.

Namun, ketidakhadiran presiden itu yang berkepanjangan memicu ketegangan di negara tersebut, tempat dia diminta untuk kembalu atau mengundurkan diri, demikian seperti dikutip dari AFP.  (hs) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017