Puncak arus balik terjadi pada tanggal 3 September dan semuanya sudah sold out
Solo (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan tiket arus balik rute Solo-Jakarta pada libur  panjang Idul Adha sudah habis terjual.

"Puncak arus balik terjadi pada tanggal 3 September dan semuanya sudah sold out," kata Kepala Sub Urusan Komersial Stasiun Solo Balapan Budi Arifin di Solo, Kamis.

Ia mengatakan pada hari tersebut KAI mengoperasikan KA Argo Dwipangga Fakultatif. Jika biasanya untuk rangkaian KA tersebut terdiri atas delapan gerbong, pada puncak arus balik mendatang ditambah menjadi sembilan gerbong.

"Pada hari tersebut, untuk penjualan tiketnya tarif batas atas Rp450.000 dan batas bawah Rp380.000," katanya.

Sementara itu, PT KAI memperkirakan untuk KA lokal seperti KA Prambanan Ekspres (Prameks) pada libur akhir pekan yang cukup panjang, yaitu pada 1-3 September, okupansinya akan sama penuhnya seperti di hari-hari normal.

"Pada hari normal okupansinya sampai 150 persen, karena Prameks ini merupakan KA lokal sehingga 50 persen penumpangnya bisa berdiri," katanya.

Selanjutnya, khusus untuk KA lokal rute Solo-Yogyakarta pada hari Sabtu (2/9) dan Minggu (3/9) akan ada penambahan KA Sidomukti yang biasanya dioperasikan setiap hari Minggu dan tanggal merah.

"Bedanya untuk KA Sidomukti ini harga tiketnya Rp20.000/penumpang, sedangkan KA Prameks Rp8.000/penumpang," katanya.

Budi memperkirakan selama dua hari tersebut okupansi penumpang juga akan mencapai 100 persen. Untuk diketahui, KA Sidomukti merupakan rangkaian kosong dari KA Senja Utama.

"Rangkaian KA ini terdiri dari delapan gerbong, kapasitas penumpang masing-masing gerbong sebanyak 64 penumpang," katanya.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017