Hanoi, Vietnam (ANTARA News) - Vietnam, Kamis, menentang pernyataan China yang melakukan latihan militer di wilayah sengketa di Laut China Selatan, ketidaksepakatan yang menyebabkan ketegangan tinggi di antara para negara tetangga dalam tiga tahun terakhir.

China menghadapi upaya tentangan Vietnam yang mengajak negara-negara Asia Tenggara di jalur air yang sibuk itu serta pertumbuhan pertahana bersama antara Amerika Serikat, Jepang dan India.

Pada Juli, dengan mendapat tekanan dari Beijing, Vietnam menunda pengeboran minyak lepas pantai di wilayah yang juga diakui China.

Vietnam sangat prihatin atas latihan di sekitar Teluk Tonkin di ujung utara Laut China Selatan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, dalam pernyataan itu, tetapi tidak menyebut latihan yang mana.

"Vietnam mengajukan gencatan senjata dengan China dan menahan diri dari melakukan aksi yang memperumit di Laut Timur," kata Hang.

Seluruh aktivitas asing di perairan Vietnam sejalan dengan hukum internasional dan Vietnam, dia menambahkan.

Kementerian Luar Negeri Vietnam menyampaikan sikap negara itu pada perwakilan China, Kamis tanpa menyebutkan pengumuman China yang mana yang dibuat atau kapan latihan itu dilakukan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017