Suasana kekeluargaan saat sholat Idul Adha 1438h di London

Suasana kekeluargaan  saat sholat Idul Adha 1438h di London

Dokumen foto kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri di KBRI London, Kerajaan Inggris Raya pada 2013. (deplu.go.id)

London (ANTARA News) - Sekitar 300 warga Indonesia yang tinggal di London dan sekitarnya termasuk staf KBRI London melaksanakan Sholat Idul Adha 1438H. bertempat di Queens Park Community School, pada tanggal 1 September tepat pada pukul 09.00 BST,

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438H, Profesor Endang Aminudin Azis, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London, demikian Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara London, Sabtu.

Dikatakannya jumlah tersebut dapat dikatakan cukup banyak mengingat pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438H bertepatan dengan hari Jumat, yang bukan merupakan hari libur di Inggris.

Dalam khutbahnya, Profesor Aminudin Aziz menjelaskan Ibadah Haji merefleksikan kepasrahan di hadapan Allah Swt. Khatib juga menjelaskan bequrban secara lebih jauh dapat dimaknai sebagai upaya berkontribusi dengan cara memberikan atau membagi tidak hanya harta tapi juga ilmu, pengalaman, tenaga dalam hal akses terhadap pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Dr Rizal Sukma mengakui suasana kekeluargaan dan kebersamaan tetap dapat dirasakan dalam momen Idul Adha 1438H walaupun jumlah masyakarat Indonesia yang hadir tidak sebanyak saat Idul Fitri 1438H dimana sekolah dan kantor banyak yang libur di Inggris. Dubes menghargai upaya semua pihak yang membantu persiapan dan pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha 1438H sehingga dapat berjalan tertib dan khidmat.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha 1438H, pada pukul 10.30 BST, Dubes RI London, Dr Rizal Sukma beserta Ibu Hanna A. Satriyo bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia yang ikut melaksanakan Sholat Idul Adha 1438H.

Suasana Idul Adha di London sangat jauh berbeda dengan di Indonesia mengingat mayoritas masyarakat Inggris tidak beragama Islam. Namun, dengan diadakannya Sholat Idu Adha oleh KBRI London, masyarakat Indonesia yang berada di London merasakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan . Suasana ini terlihat dimana warga masyarakat saling bersalaman sambil mengungkapkan ucapan permohonan maaf.

Kegiatan Sholat Idul Adha 1438H ini diadakan KBRI London bekerjasama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London mendapat sambutan dari seluruh warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris karena memberikan kesempatan untuk berkumpul bersama, melepas rindu karena jauh dari keluarga.

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar