Jakarta (ANTARA News) - Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban, WNI gelar salat Idul Adha di Wisma KBRI Kopenhagen, lalu lintas tol libur Idul Adha mirip mudik Lebaran, pesta bakar sate semarakkan Idul Kurban di Palembang, hingga mitos seputar daging kambing menjadi berita kemarin yang layak baca.

1. Presiden Jokowi blusukan di kota Sukabumi sambangi warga
Sukabumi (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melakukan blusukan ke kampung-kampung di Kota Sukabumi untuk menyambangi warga sekaligus menyerahkan hewan kurban.

Menurut laporan Antara di Sukabumi pada Jumat, Jokowi blusukan ke Kelurahan Kebon Jati dan menyerahkan sapi kurban seberat 851 kilogram.

Baca beritanya di sini.

(Baca juga: Gubernur Kalbar serahkan sapi kurban dari Presiden Jokowi)

2. Warga Indonesia gelar salat Idul Adha di Wisma Duta KBRI Kopenhagen
London (ANTARA News) - KBRI Kopenhagen mengadakan acara salat Idul Adha bersama Diaspora Indonesia di Wisma Duta RI, Jumat, 1 September tepat pukul 09.00 waktu setempat.

Pensosbud KBRI Kopenhagen dalam keterangan yang diterima Antara London, Jumat mengatakan Sholat Idul Adha ini dihadiri Duta Besar RI, Muhammad Ibnu Said beserta keluarga, Indonesian Muslim Society in Denmark (IMSD), diaspora /masyarakat Indonesia dan keluarga besar KBRI Kopenhagen.

Selengkapnya di sini.

(Baca juga: Ratusan WNI salat Idul Adha di KJRI Sabah)

3. Lalu lintas tol libur Idul Adha mirip mudik Lebaran
Bekasi (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan mencatat puncak arus mudik libur Idul Adha 1438 Hijriyah/2017 Masehi, Kamis (31/8) malam, hanya berselisih 3 ribu unit lebih dari situasi serupa pada musim Idul Fitri Juni 2017.

"Dari prediksi kami puncak mudik Idul Adha mencapai 96 ribu unit yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama, ternyata melonjak menjadi 113 ribu unit. Jumlah itu hanya berselisih 3 ribu unit lebih sedikit dari saat Idul Fitri yang mencapai 116 ribu unit," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Aryani.

Berita lengkapnya di sini.

(Baca juga: Liburan Idul Adha, 102.000 kendaraan tinggalkan Jakarta)
    
4. Pesta bakar sate semarakkan Idul Kurban di Palembang
Palembang (ANTARA News) - Pesta bakar sate daging sapi dan kambing hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017 menambah semarak hari besar keagamaan umat Islam di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Perayaan hari raya haji atau Idul Kurban di Palembang, Jumat, tampak bertambah semarak dengan adanya kegiatan warga berkumpul di lapangan dan halaman rumah untuk mempererat tali silaturrahmi dengan membuat acara pesta bakar sate daging hewan kurban.

Baca selengkapnya di sini.

(Baca juga: Warga Nganjuk-Bali adakan tasyakuran Idul Adha)

5. Mitos seputar daging kambing
Jakarta (ANTARA News) - Bicara daging kambing dan menu-menu masakan berbahan daging kambing, mengundang pembicaraan panjang dengan segala bumbu dan mitosnya.

Pakar gastroenterologi --ilmu tentang penyakit pada sistem pencernaan-- dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Syam, mengungkap mitos seputar daging kambing; hewan yang sering menjadi hewan kurban saat Idul Adha.

"Jika ingat daging kambing, saya ingat beberapa mitos yang sangat diyakini masyarakat kebenarannya," kata dia, di Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017