Purworejo (ANTARA News) - Tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Sabang-Magelang 2017 tertantang angin kencang selama menelusuri etape tujuh yang melewati daerah selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, pada 26 Agustus sampai dengan 3 September.

"Tim kami sudah terbiasa dengan panas dan hujan sejak etape satu hingga lima di Sumatera dan dari Banten ke Jakarta pada etape enam. Tapi, kami menghadapi angin kencang selama berada di selatan Jawa karena melewati daerah pantai," kata kapten tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Sabang-Magelang 2017 Marta Mufrain di Purworejo, Sabtu.

Marta mengakui timnya yang semula terbiasa mengambil istirahat pada jarak 25 kilometer memperpendek jarak istirahat menjadi 15-20 kilometer.

"Angin kencang itu bahkan sudah terasa ketika kami masuk Bekasi, Jawa Barat. Mungkin, musim kemarau ini mempengaruhi hembusan angin ketika berada di jalan," kata Marta.

Tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Sabang-Magelang 2017 memulai perjalanan mereka dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pada Sabtu sekitar pukul 09.00 WIB dan masuk wilayah Kabupaten Purworejo pada 11.30 WIB.

Tim yang terdiri dari 15 peserta utama sejak etape pertama di Sabang, Aceh, itu akan menempuh perjalanan sepanjang 95 kilometer dari Wonosobo, melewati Purworejo dan menuju Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

"Kami akan kembali melanjutkan perjalanan ke Kulon Progo pada siang ini dan akan sampai di sana sekitar pukul 16.00 WIB," ujar Marta.

Tim sepeda Gowes Pesona Nusantara Sabang-Magelang 2017, lanjut Marta, lebih menikmati pemandangan daerah pantai selama menelusuri etape tujuh.

Sedangkan pada etape satu hingga lima, tim sepeda Gowes Pesona Nusantara mendapatkan pemandangan daerah pegunungan Sumatera.

"Meskipun tetap menikmati pemandangan, kami juga tetap waspada dengan arus lalu-lintas selama berada di jalan. Kami juga selalu dibantu oleh petugas Kepolisian setempat," ujarnya.

Gowes Pesona Nusantara merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dimulai di Sabang, Aceh, sejak 5 Mei.

Selain rute barat Indonesia, program pembudayaan olahraga sepeda itu juga digelar di rute timur Indonesia yaitu di Merauke, Papua, hingga Magelang Jawa Tengah pada 13 Mei.

Gowes Pesona Nusantara melalui 90 kota dan kabupaten di Indonesia. Program Gowes itu akan berakhir di Magelang pada 9 September dan menjadi momentum peringatan Hari Olahraga Nasional.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017