Boyolali (ANTARA News) - Seratusan jenis payung nusantara telah dipamerkan di lobi Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu, yang merupakan menjadi bagian pre event Festival Payung Indonesia (FPI) 2017 di Solo.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara FPI 2017, Heru Mataya pameran payung di Bandara Adi Soemarmo tersebut merupakan bagian dari pre event FPI 2017 yang akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada tanggal 15 hingga 17 September mendatang.

Heru Mataya mengatakan mengapa mengadakan pameran payung di bandara karena sebagai pintu masuk di suatu daerah sangat baik untuk melakukan publikasi. Para penumpang yang menggunakan jasa pesawat terbang baik dari lokal maupun internasional dapat berfoto dengan latar belakang payung, dan mempublikasikannya melalui media sosial.

"Pre event dan publikasi FPI ini, digelar dari Sabtu hingga Senin (18/9) mendatang. Para penumpang bisa berselfie dan gambarnya dipublikasikan ke media sosial mereka," kata Heru Mataya.

Pada acara pameran payung nusantara di Bandara Adi Soemarmo tersbeut merupakan yang pertama kali. tetapi hal itu memiliki konsep berbeda dengan acara sebelumnya.

Pameran payung di bandara tersebut, kata dia, dengan mengusung 150 jenis payung wastra dan dua payung besar berdiameter tiga meter.

Heru Mataya berharap dengan pameran payung di bandara tersebut mampu menarik pengunjung pada acara FPI 2017 yang lebih beragam coraknnya dan meriah.

Bahkan, kata dia acara puncak pre event FPI tersebut akan dimeriahkan kegiatan fashion show yang diikuti 10 orang model mengenakan kain nusantara dikombinasikan dengan payung sehingga kelihatan sangat meriah dan glamour.

Pada kegiatan FPI tahun ini, kata dia, akan mengenalkan payung dengan kain nusantara dengan tema "Sepayung Indonesia". Festival yang mengangkat keberagaman payung di seluruh penjuru daerah, tetapi tetap dari Indonesia.

Bambang Christianto warga Tangerang salah satu penumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo mengatakan banyaknya hiasan payung di bandara ini, sangat unik menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang baik yang akan terbang maupun datang.

"Saya melihat banyak penumpang yang tertarik untuk berfoto dengan banyak hiasan payung. Penumpang moment liburan ini, sangat tepat," kata Christianto yang hendak pulang ke Tangerang.

Kepala Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi Purwokusumo menyambut baik dengan digelar pameran payung di bandara sebagai pre event acara FPI di Solo.

Menurut Danardewi momennya sangat tepat pameran payung digelar pada saat liburan Idul Adha, sehingga penumpang yang menggunakan jasa pesawat terbang ada cukup padat dibanding hari biasanya.

"Kami berharap kegiatan ini, menjadi agenda tahunan di bandara sehingga juga mampu menyedot masyarakat menggunakan jasa penerbangan," kata Danardewi.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017