counter

Kemenhub: proyek perkeretaapian strategis dipantau langsung Presiden

Kemenhub: proyek perkeretaapian strategis dipantau langsung Presiden

Pembangunan proyek jalur transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di samping jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (26/2/2017). (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Di kereta api ada 23 proyek strategis nasional yang langsung dipantau oleh kantor staf kepresidenan
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 23 proyek perkeretaapian yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional yang dibangun di berbagai daerah dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Di kereta api ada 23 proyek strategis nasional yang langsung dipantau oleh kantor staf kepresidenan," kata Plt Dirjen Perkeretaapian Umiyatun Hayati dalam jumpa pers yang digelar di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin.

Menurut Umiyatun Hayati, dalam membangun infrastruktur perkeretaapian memang memiliki sejumlah hambatan karena perencanaannya sangat panjang seperti menentukan lintasan kereta itu sangat sukar dan membutuhkan waktu yang tidak mudah.

Selain itu, ujar dia, persoalan lainnya dalam pembangunan jalur kereta juga kerap terbentur atau perlu lebih berkoordinasi dengan sejumlah lembaga atau kementerian seperti terutama yang terkait tata ruang dan tata wilayah suatu kawasan atau daerah.

Persoalan lainnya antara lain sehubungan dengan sumber pembiayaan yang berdasarkan Rencana Strategis 2015-2019, ternyata hanya dapat didanai sebesar 27 persen dari APBN.

Dengan demikian, terdapat kesenjangan pembiayaan sebesar 73 persen yang diharapkan dapat didanai melalui jalur lainnya seperti dari BUMN serta investasi pihak swasta.

Sebagaimana diketahui, 23 proyek bidang perkeretaapian yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri atas 15 proyek pembangunan prasarana dan sarana KA Antarkota, dan 8 proyek lainnya untuk KA Perkotaan.

Berdasarkan sumber pendanaan, dari 23 proyek tersebut, sebanyak 15 proyek bersumber dari APBN, 5 proyek dilaksanakan dengan Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, dan 3 proyek bersumber dari investasi.

Kelima proyek PSN yang menggunakan skema KPBU adalah pembangunan Jalur KA lintas Puruk Cahu-Bangkuang, Jalur KA Prov Kaltim, Jalur KA lintas Muara Enim-Pulau Baai, Jalur KA lintas Tanjung Enim-Tanjung Api-api, dan pembangunan LRT DKI Jakarta.

Sedangkan sebanyak tiga proyek PSN yang didanai oleh investasi yaitu pembangunan KA Cepat Jakarta-Bandung oleh PT KCIC, serta pembangunan KA Bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta, dan LRT Jabodetabek yang merupakan investasi PT KAI (Persero).

Sebagaimana diwartakan, Kementerian Perhubungan akan membangun sistem operasi loop line atau sistem perjalanan kereta api terpadu sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan perlintasan sebidang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam diskusi "Permasalahan dan Upaya Meminimalkan Resiko Kecelakaan di Perlintasan Sebidang" di Jakarta, Selasa (22/8), mengatakan loop line untuk kereta rel listrik (KRL) tersebut akan dibangun secara melayang atau elevated.

"Sekarang lintasan kereta api di Jakarta banyak lintasan sebidang, lintasan yang mengelilingi lintasan sebidang bisa kita naikkan menjadi elevated (melayang)," katanya.

Loop Line adalah pola operasi satu perjalanan di sejumlah relasi kereta, sehingga penumpang tidak perlu naik turun kereta untuk transit, ke stasiun tujuan.

PT KAI Daop 2 Bandung Bongkar Rumah di Jalur KAC

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar