Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tertangkap kamera warganet saat berada di Makkah melaksanakan ibadah haji tanpa pengawalan.

Dipantau dari akun media sosial instagram @mustika.dwihandayani di Jakarta, Senin, yang mengunggah foto Khofifah tersebut tampak Khofifah hanya berdua bersama anak bungsunya Ali Mannagali Indar Parawansa tanpa adanya pengawalan.

Gaya berbusana Khofifah pun tampak sederhana. Khofifah memakai gamis bercorak strip hitam putih dengan kerudung berwarna putih. Khofifah juga terlihat menggendong tas ransel karung berwarna biru.

Dalam kolom caption, akun @mustika.dwihandayani mengatakan foto tersebut ia dapatkan dari salah seorang temannya yang juga tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Saat mengerjakan salah satu rukun haji Ia bertemu dengan Khofifah tengah berdua hanya bersama anaknya tanpa ajudan maupun pengawal.

"Tas ransel karungnya Ibu Menteri lucu, gaul banget," tulis @mustika.dwihandayani dalam keterangan foto Instagram miliknya.

"Semoga jadi haji mabrur ya bu dan bisa membawa perubahan untuk Indonesia tercinta. Memberantas kemiskinan dan kesenjangan. Ibu Menteri andalan gue pokoknya," tambah akun tersebut.

Khofifah saat dikonfirmasi mengatakan saat itu Ia memang sedang berada di Jamarat Mina. Tas ransel karung sengaja ia gunakan lantaran menurutnya jauh lebih mudah untuk membawa sejumlah perbekalan.

Khofifah mengatakan, di Makkah memang ia bertemu dengan ribuan jamaah haji asal Indonesia. Tidak sedikit yang keheranan karena ia pergi haji hanya berdua dengan anak bungsunya.

"Banyak yang mengira itu bukan saya. Setiap kali ketemu selalu ditanya saya berangkat sama siapa, kok cuma berdua, ajudannya dimana, dan lain sebagainya. Saya dikira sedang memantau dan mengawasi pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Semua pertanyaan itu akhirnya diakhiri dengan foto bersama," terangnya.

Khofifah menceritakan, keberangkatannya ke Makkah bisa dikatakan mendadak. Hal ini lantaran hampir setiap akhir pekan anak bungsunya Ali merengek minta menunaikan Rukun Islam ke lima tersebut.

"Akhirnya saya mengajukan permohonan haji non kuota yang setiap tahun selalu disiapkan atas permohonan tertentu. Alhamdulillah bisa berangkat. Mudah-mudahan mabrur," imbuhnya.

Khofifah bertolak ke Tanah Suci pada Sabtu (26/8) berdua dengan putra bungsunya untuk melaksanakan ibadah haji. Rencananya ia kembali ke Tanah Air pada 9 September 2017.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017