Mataram, NTB (ANTARA News) - Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Bambang Sunarwibowo, mengungkapkan, Polda Nusa Tenggara Barat dinilai telah memenuhi kriteria untuk naik status menjadi Tipe A.

"Kalau secara umum, ini (Polda NTB) memenuhi kriteria. Namun semuanya bergantung pada keputusan akhir (dari presiden)," kata Sunarwibowo, di Mataram, Kamis.

Dia mengungkapkan itu usai mengunjungi Markas Polda NTB, yang disambut Kepala Polda NTB, Brigadir Jenderal Polisi Firli.

Dia mengakui rencana peningkatan status untuk Polda NTB telah diungkapkan sebelumnya Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, bersama dengan Polda Jambi dan Kalimantan Selatan.

Namun untuk memenuhi kriteria tipe A, Polda harus melengkapi beberapa persyaratannya. Terutama penerapan pola keamanan yang berpengaruh pada pertumbuhan daerah.

"Makanya kehadiran kami di sini untuk melakukan penilaian, sejauh mana kesiapan Polda dalam menghadapi perkembangan situasi yang ada di daerahnya," ujar Sunarwibowo.

Nantinya, hasil penilaian itu akan dikaji kembali di pusat. Kemudian hasilnya akan diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia.

"Setelah hasilnya kita serahkan ke Kemenpan-RB, disana akan dikaji kembali, apabila sudah memenuhi persyaratan maka hasilnya akan diajukan ke presiden," ucapnya.

Pewarta: Dhimas Pratama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017