UIN Sunan Kalijaga raih ISO 9001:2015

UIN Sunan Kalijaga raih ISO 9001:2015

Ilustrasi - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (uin-suka.ac.id )

Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta meraih sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dari lembaga sertifikasi TUV Rheinland Jerman.

Piagam sertifikasi itu diserahkan GM Brand Office Operation TUV Rheiland di Yogyakarta Tono Infantrianto kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Sutrisno di Yogyakarta, Kamis.

Pada penyerahan sertifikasi saat pembukaan "Audit Mutu Internal XIV Berbasis Dashboard System", Sutrisno mengatakan, dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2015 itu perbaikan sistem penjaminan mutu tidak boleh berhenti.

"Kami harus terus berproses memperbaiki kualitas lulusan kampus, dengan meningkatkan mutu pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, dan menggencarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar lebih masif," katanya.

Tono Infantrianto mengatakan konsep versi ISO 9001:2015 saat ini berdasarkan manajemen risiko, dengan alasan membentuk kemampuan daya saing dan "sustainable systems". Sistem penilaian juga diubah, dari delapan klausul menjadi sepuluh klausul.

"Saya berharap raihan ISO 9001:2015 itu dapat menjadi pemicu UIN Sunan Kalijaga untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di kampus," katanya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Muhammad Fakhri Husein mengatakan sistem audit berbasis dashboard digunakan untuk memberi informasi dan arahan bagi masing-masing unit yang ada di kampus.

Bahan masukan dari para auditor dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan standar mutu manajemen. Untuk melaksanakan audit mutu berbasis "dashboard system" perlu kerja keras dan kekompakan.

"Dibutuhkan ketepatan kerja dalam menyelesaikan tugas dan upload informasi baik bersifat akademik maupun prestasi mahasiswa, sehingga pada saat data dibutuhkan kita tinggal meng-klik informasi tentang mutu pendidikan di kampus ini," katanya.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Phil Sahiron mengatakan momentum itu diharapkan menjadi awal dan penting untuk tetap komitmen pada kualitas pelayanan pendidikan.

"Kami harus semakin baik memberikan layanan kepada mahasiswa karena mereka adalah main customer. Semua proses itu untuk membantu meningkatkan peringkat akreditasi program studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)," katanya.

Pada kesempatan itu diserahkan pula sertifikat akreditasi dari BAN-PT untuk program studi yang tahun ini memperoleh akreditasi A.

Tiga program studi yang memperoleh akreditasi A adalah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora serta Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar