Amerika Serikat (ANTARA News) - Dave Matthews Band mengumumkan, pada  situsnya, Rabu, akan menggelar "Concert for Charlottesville" pada 24 September, bersama bintang pop Ariana Grande, Justin Timberlake dan Pharrell Williams untuk mempromosikan persatuan di Charlottesville.

Konser tersebut dilaksanakan setelah terjadinya bentrokan antara supremasi kulit putih dan para demonstran antirasisme bulan lalu, dan akan diadakan gratis bagi siswa, staf pengajar dan staf di University of Virginia serta bagi orang-orang di wilayah Charlottesville.

Band rock yang terkenal dengan hits seperti "Ants Marching" dan "So Much To Say" itu dibentuk di Charlottesville pada 1991. Kelompok tersebut dalam konser akan bergabung dengan penyanyi country Chris Stapleton, The Roots serta sejumlah musisi lainnya.

Demonstrasi pada Agustus yang diselenggarakan oleh nasionalis kulit putih untuk memprotes rencana pemindahan patung Konfederasi Jenderal Robert E. Lee berubah menjadi kondisi maut saat seorang demonstran antirasisme tewas ditabrak sebuah mobil yang meluncur ke arah kerumunan.

Meski konser tersebut bersifat gratis, mereka yang hadir didorong untuk memberikan sumbangan bagi "Concert for Charlottesville Fund", yang menurut band tersebut akan dapat membantu korban bentrokan Agustus, keluarga mereka, penolong pertama, serta organisasi-organisasi yang mempromosikan penyembuhan, persatuan dan keadilan secara lokal dan nasional, demikian dikutip dari Reuters.

(Uu.KR-DVI) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017