Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 21 foto cerita jurnalistik yang berkisah tentang Ibu karya 16 pewarta ANTARA FOTO dipamerkan dalam Pameran Foto Mutter (Ibu) di ajang festival budaya Indonesia Pasar Hamburg 2017, di Hamburg Messehalle, Hamburg, Jerman, pada 9-10 September 2017.

Berbagai kisah mengenai Ibu di Indonesia memukau para pengunjung Pasar Hamburg sejak pameran digelar, seperti cerita Perjuangan Ibu saat proses melahirkan karya Rosa Panggabean, kisah Bundo Kanduang dan Pesta Tradisi Ala Minangkabau karya Ismar Patrizki, serta cerita Tradisi Kebo-keboan karya Budi Candra Setya.

Kisah Ibu lainnya yang ditampilkan dalam cerita Banda karya Fanny Octavianus, Kisah Perempuan Kanum-Marind karya Andika Wahyu, serta Pasar Mama-Mama Papua karya Wahyu Putro juga cukup banyak mengundang perhatian pengunjung.

 (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

"Masyarakat setempat sangat antusias. Ini kali kedua ANTARA FOTO berpartisipasi dalam ajang festival budaya Indonesia di Eropa, Pasar Hamburg," kata Ismar Patrizki, pewarta ANTARA FOTO yang juga editor Pameran Foto Mutter (Ibu), kepada ANTARA News, Sabtu malam.

Ismar menjelaskan, sebanyak 109 foto dari 21 foto cerita dicetak di atas foamboard dengan ukuran 90x60 sentimeter. Masing-masing foto cerita dikemas dalam dua frame cetakan (kombo), kecuali untuk kisah Bundo Kanduang ditampilkan dalam 5 frame dan Suara dari Pegunungan Kendeng terdiri dari 4 frame.

"Tema Ibu diangkat menyesuaikan dengan tema besar Pasar Hamburg," tambah Ismar.

Pameran Foto Mutter (Ibu) menampilkan karya-karya dari 16 pewarta ANTARA FOTO atau Divisi Pemberitaan Foto Kantor Berita Indonesia ANTARA, yakni Abriawan Abhe, Andika Wahyu, Andreas F Atmoko, Budi Candra Setya, Dedhez Anggara, Fanny Octavianus, Nyoman Budhiana, Irsan Mulyadi, Ismar Patrizki, M Adimaja, M Agung Rajasa, Rosa Panggabean, Saiful Bahri, Wahyu Putro Arinto, Yusuf Nugroho, dan Zabur Karuru.

 (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Gambar-gambar yang disajikan pada Pameran Foto Ibu merupakan petikan dari banyak kisah mengenai ibu di Indonesia. Bingkai per bingkai imaji merupakan hasil kreativitas reportase para pewarta andal ANTARA yang bertugas menyajikan berita foto faktual baik secara tunggal maupun essai. 

Sebagai awak media dari kantor berita resmi Indonesia, para pewarta foto ANTARA berkewajiban menyebar informasi sesuai dengan realita di lapangan, tanpa tendensi, dengan harapan dapat membawa perubahan menuju kebaikan bersama. 

Melalui Pameran Foto Ibu ini, ANTARA FOTO mencoba menghadirkan sekelumit Indonesia kepada khalayak yang hadir pada pergelaran Pasar Hamburg 2017.

VIDEO:

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017