Bhayangkara puncaki klasemen sementara kalahkan Persipura 2-1

Bhayangkara puncaki klasemen sementara kalahkan Persipura 2-1

Pesepak bola Bhayangkara FC Indra Kahfi Ardhiyaksa (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol (kiri) pada pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2017). (ANTARA /Makna Zaezar)

Bekasi (ANTARA News) - Bhayangkara FC berhasil memuncaki papan klasemen sementara Liga 1 Musim 2017 setelah berhasil mencuri 3 poin tambahan usai mengalahkan Persipura Jayapura 2-1 di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu malam.

Gol kedua tim masing-masing diciptakan saat jalannya babak kedua pertandingan oleh Ilham Udin Armaiyn yang mengoleksi dua gol untuk Bhayangkara pada menit ke 76 dan 90 serta Ian Louis Kabes pada menit ke 87 untuk Persipura Jayapura.

Laga dua tim papan atas ini berlangsung ketat setelah Wasit Oki Dwi Putra Senjaya meniupkan peluitnya di hadapan 3 ribu lebih penonton kedua tim.

Peluang emas datang bagi kubu tuan rumah Bhyangkara pada menit ke-20 lewat penetrasi penyerang agresif Ilham Udin Armaiyn yang pada laga ini diturunkan sejak menit awal di sayap kiri.

Passing bola kepada Paulo Sergio yang telah menanti di kotak penalti langsung menyambut umpan kiriman Ilham.

Paulo yang dikawal ketat tiga pemain meneruskan bola kepada Ilija Spasojevic yang sudah berada bebas kawalan di depan gawang, namun eksekusi yang terburu-buru membuat bola meleset dari target karena melebar di atas mistar gawang.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-77 saat terjadi serangan balik yang dibangun Dany Saputra dari sayap lapangan berhasil mengacaukan pertahanan Persipura.

Bola diumpan pada Ilham Udin ke dalam kotak penalti dan menyambutnya dengan tendangan keras hingga mengoyak jala gawang Persipura.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC.

Persipura berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-88 melalui eksekusi tendangan bebas Ian Louis Kabes yang berhasil menjebol jala gawang Awan Setho hingga menyamakan kedudukan papan skor 1-1.

Tim asuhan Simon McMenemy tampil lebih agresif setelah bergabungnya pemain Tim Nasional Indonesia Evan Dimas yang bermain pada lini tengah pertahanan.

Gol penentu kemenangan Bhayangkara dilesatkan Ilham Udin ke gawang lawan usai memperoleh tendangan bebas dari tengah lapangan yang dieksekusi Paulo Sergio dan Otavio Dutra.

Ilham menerobos dari luar kotak penalti dan berada pada posisi bebas hingga tak kesulitan melepaskan tembakan yang tak sanggup dijinakkan Yoo Jaehoon.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 sekaligus membalas kekalahan Bhayangkara FC di putaran pertama dan berhasil menggeser puncak klasemen sementara yang diduduki Bali United.

"Malam ini permainan berjalan seru, kedua tim hati-hati bermain. Kita harus fokus pertandingan berikut melawan Balik Papan. Kita akan pertahankan prestasi hingga meraih posisi puncak," kata Pelatih Persipura Wanderlay Junior.

Menurutnya, kecolongan satu gol di menit akhir bukan diakibatkan faktor kelelahan tim, namun lebih pada konsentrasi pemain yang buyar.

"Kecolongan di menit akhir bukan karena pemain kelelahan, tapi inilah sepak bola. Dalam latihan kemarin fisik pemain kami bagus," katanya.

Pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy menilai gol tunggal Persipura melalui tendangan bebas Ian Kabes merupakan gol yang sangat bagus.

"Bagimana kami bisa menyetop tendangan bagus seperti itu. Saya apresiasi kemampuan itu ketika tim mereka ketinggalan skor. Yang saya pikirkan Persipura memang layak membawa pulang satu poin," katanya.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar