BNPB akan kirim bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya

BNPB akan kirim bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Manado (ANTARA News) - Kepala Pusat Data dan Informasi Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam waktu dekat akan mengirimkan bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia kepada pengungsi Rohingya.

"Sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi yang gelar siang tadi, BNPB akan mengirimkan makanan siap saji, tenda, selimut, family kid serta beberapa jenis bantuan lainnya," kata Sutopo pada "Forum Komunikasi Wartawan" di Manado, Senin.

Pengiriman bantuan kemanusian pemerintah Indonesia itu, kata dia, akan menggunakan dua pesawat Hercules TNI Angkatan Udara melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Pada penerbangan pertama akan dikirimkan tenda pengungsi seberat lima ton, serta 4.000 lembar selimut seberat dua ton, sementara penerbangan pesawat kedua akan membawa makanan siap saji sebanyak 2.000 peket, 30 flexible tank serta family kid," katanya.

Tak hanya dari BNPB, bantuan lainnya dari kementerian dan lembaga juga akan dikirimkan, ujarnya.

Lama pemanfaatan bantuan, kata dia, nanti akan menyesuaikan di lokasi pengungsian sesuai dengan kebutuhan.

"Soal berapa banyak pengungsi kami belum mendapatkan informasi itu. Tapi yang pasti berada di bawah koordinasi Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pengiriman bantuan untuk pengungsi Rohingya sementara dalam persiapan dan akan dikirimkan dalam waktu dekat.

"Pengiriman bantuan ini juga berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, secepatnya kami kirimkan," ujarnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Menko PMK dan Kepala BNPB apresiasi masyarakat Natuna

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar