Barcelona (ANTARA News) - Dua raksasa sepak bola Eropa bersiap berduel dengan kepercayaan diri dan keinginan mempertahankan kehormatan sebagai pasukan yang bertekad meraih kemenangan dengan kesungguhan hati, bukan justru terbius oleh belas kasihan yang meninabobokan.

Raihlah kemenangan dengan sikap perwira, bukan kasak-kusuk menghimpun kekuatan semu, apalagi menerapkan aksi kekerasan.

Inilah kredo yang siap diterapkan dan diwujudkan manakala Barcelona menjamu Juventus dalam matchday 1 Grup D Liga Champions 2017-2018, yang digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Data dan fakta:

Barcelona:

* Ousmane Dembélé siap melakoni debut melawan Juventus di Camp Nou.
* Tidak ada perubahan signifikan yang dibuat pelatih Ernesto Valverde mengenai susunan pemain, hanya saja Sergio Roberto dapat saja diturunkan sebagai ganti dari Nelson Semedo yang baru saja pulih dari cedera lutut.
* Rafinha melewati masa absen yang panjang.

Juventus:
*  Juan Cuadrado masih terkena masa suspensi setelah ia diusir kelua lapangan dalam laga final Liga Champions musim lalu.
* Stephan Lichtsteiner tidak masuk dalam daftar 25 skuad dalam babak penyisihan grup, Marko Pjaca juga tidak masuk dalam tim.
* Alex Sandro diragukan bugar setelah ia membela Juventus ketika menang 3-0 melawan Chievo pada laga pekan lalu. Ia masih menderita sakit.
* Juventus juga tidak akan diperkuat  Giorgio Chiellini, Mario Mandzukic, Sami Khedira dan Claudio Marchisio.
* Douglas Costa dan Federico Bernardeschi siap diturunkan dalam susunan skuad arahan pelatih Max Allegri.
* Manajer Juventus juga menghadapi masalah serius di jantung pertahanan lantaran Chiellini absen. Daniele Rugani, Andrea Barzagli dan Medhi Benatia menjadi pilihan.

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang); Semedo, Piqué, Umtiti, Alba; Rakitić, Busquets, Iniesta; Dembélé, Suárez, Messi.
Absen: Arda Turan (hamstring), Paco Alcácer (sakit)
 
* Juventus (4-2-3-1):
Buffon (penjaga gawang); Barzagli, Benatia, Rugani, Alex Sandro; Matuidi, Pjanić, Sturaro; Douglas Costa, Dybala; Higuaín.
Absen: Cuadrado (suspensi), Marchisio (cedera lutut), Khedira (cedera lutut), Chiellini (cedera betis), Mandžukić (cedera bahu)
Diragukan tampil: Alex Sandro (sakit)

Komentar pelatih:

* Ernesto Valverde (Barcelona):

"Juventus dikenal sebagai tim yang sangat kuat. Mereka mampu menyingkirkan Barcelona di musim lalu. Mereka kuat dalam penguasaan bola dan ciamik dalam menekan lawan di lapangan."

"Ketika para pemain mereka menekan, mereka benar-benar menebar bahaya. Ini pertandingan antara dia tim yang sangat kuat di Eropa."

* Massimiliano Allegri (Juventus):

"Pertandingan besok benar-benar laga yang besar dan dahsyat di ajang sepak bola. Saya mengatakan bahwa setiap musim berbeda satu sama lain. Perjalanan musim ini demikian panjang  dan berliku, untuk itu kami harus menjalani tahap demi tahap."

"Kami sedang tidak berada dalam kondisi fisik yang maksimal manakala menjalani awal musim. Kami harus melakukan perubahan di Juventus pada musim ini, meski kami harus tetap tegar. Di atas semuanya itu, Madrid, (Barcelona) difavoritkan keluar sebagai juara Liga Champions."

Prediksi Man of the Match: (Whoscored.com)

1.Lionel Messi (57,89 persen)
2.Paulo Dybala (15,79 persen)
3.Luis Suárez (10,53 persen)
4.Douglas Costa (5,26 persen)
5.Gonzalo Higuaín (5,26 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Ernesto Valverde menghadapi tes yang kelewat berat lantaran harus menghadapi laga kandang melawan tim tangguh Juventus di ajang bergengsi Liga Champions. Motivasi untuk meraih kemenangan demikian tinggi di kubu Barcelona.
* Barcelona dipukul skuad berjuluk si Nyonya Tua asal Italia pada musim lalu. Hanya saja tim raksasa asal Spanyol ini bagaikan kehilangan taji setelah Neymar hengkang.
* Juventus mengawali musim dengan gemilang lantaran mengukir tiga kemenangan beruntunt di Liga Italia  dengan melesakkan 10 gol.
* Juventus termotivasi menang, sebagaimana Barcelona. Ini menjadikan laga bakal berlangsung sengit karena kedua tim bakal melancarkan jual beli serangan.

Prediksi hasil laga:

* Barcelona: 2
* Juventus: 1    

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017