Manchester (ANTARA News) - Jose Mourinho bukan pecundang. Buktinya, manajer asal Portugal itu mengakui dengan lapang dada bahwa Manchester United (MU) perlu lebih berhati-hati manakala melawan Basel di ajang duel Liga Champions.

Basel pernah memberi mimpi buruk bagi skuad berjuluk Setan Merah. Di musim 2011-2012, MU menelan kekalahan 1-2 dalam pertandingan terakhir grup di Basel.

MU siap meladeni FC Basel dalam laga pembuka Grup A yang digelar di Stadion Old Trafford, Manchester, pada Rabu dini hari, pukul 01. 45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 3.

Berikut 13 fakta krusial jelang duel antara Manchester United melawan Basel sebagaimana dikutip dari laman Opta stats:

* Ini laga kelima antara Manchester United dan Basel, seluruhnya di kompetisi Liga Champions. Rekornya seluruhnya imbang, masing-masing tim meraih sekali menang dan dua hasil imbang.
* Basel tidak terkalahkan melawan MU di Old Trafford (1-1 pada Meret 2003, 3-3 pada September 2011).
* Ini kali ke-21 keikutsertaan MU di ajang Liga Champions, rekor terbanyak yang pernah diukir tim asal Inggris, setelah Real Madrid, Barcelona dan Porto dengan mengoleksi 22 kali.
* Di jajaran tim-tim asal Inggris, Liverpool telah lima kali menjadi juara Liga Champions dan Piala Eropa, sementara MU hanya mengoleksi tiga kali juara.
* United sebanyak 16 kali lolos babak penyisihan dari 20 kali penampilan di Liga Champions.
* Ini penampilan kedelapan bagi Basel di ajang Liga Champions.
* Basel tidak pernah lolos ke babak 16 besar di ajang Liga Champions (musim  (2011/12, 2014/15).
* Basel belum pernah menang dalam 10 pertandingan di Liga Champions (empat kali imbang, enam kali kalah). Mereka juga tidak pernah melesakkan lebih dari satu gol dalam 10 pertandingan terakhir.
* Paul Pogba hanya mampu mencetak dua gol dalam 32 pertandingan di Liga Champions.
* Mourinho merupakan satu dari lima manajer yang mampu meraih kemenangan dengan dua klub yang berbeda di ajang Piala Eropa dan Liga Champions, selain Ernst Happel, Ottmar Hitzfeld, Jupp Heynckes dan Carlo Ancelotti.
* Mourinho berpartisipasi di Liga Champions dengan lima klub yang berbeda, setelah Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. Capaian ini juga dicapai oleh  
Carlo Ancelotti (7), Rafael Benitez dan Claudio Ranieri (6).
* Ini kali pertama bagi manajer Raphael Wicky turun di ajang Liga Champions. Sebagai pemain, ia tampil dalam empat pertandingan memperkuat Hamburg pada 2006/07.
* Dea Gea siap mengawal mistar gawang MU, selain Romero.

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017