Jakarta (ANTARA News) - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, menginginkan jamu dapat populer di kalangan anak muda, seperti kopi.

“Ada pemikiran (mempoulerkan jamu), jamu kan belum masuk ke kampus, karena itu salah satu cara mempopulerkan jamu,” kata Gati saat ditemui di pelatihan e-Smart IKM di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu.

Kemenperin berencana bekerja sama dengan penyedia jasa makanan dan minuman untuk mencari formulasi agar minuman tersebut populer di kalangan anak muda, termasuk pengemasan dan racikan tanpa menghilangkan manfaatnya.

Selama ini, kata Gati, masih ada anggapan jamu sebagai minuman orang tua serta pahit sehingga perlu racikan yang lebih populer, misalnya dengan menambahkan es.

Di kota besar seperti Jakarta, jamu mulai masuk ke anak muda sejak beberapa waktu belakangan, salah satunya di kafe yang khusus menjual jamu, Suwe Ora Jamu.

Gati berharap jamu semakin populer di kalangan penduduk yang tinggal di Pulau Jawa serta dapat sepopuler kopi bagi anak muda.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017