Singapura (ANTARA News) - Pebalap Meksiko Sergio Perez akan bertahan di Force India di musim depan, pada susunan tim yang tidak berubah bersama pebalap Prancis Esteban Ocon, kata tim Formula 1 itu menjelang Grand Prix Singapura pada Minggu.

Kesepakatan itu akan membuat Perez, yang bergabung dengan tim yang bermarkas di Silverstone itu pada 2014 setelah semusim yang tidak menyenangkan di tim mantan juara McLaren, menuju musim kelima secara beruntun di tim tersebut, lapor Reuters.

"Bersama Esteban, mempertahankan Sergio memberikan kami stabilitas menuju musim depan dan salah satu pasangan pebalap paling menarik di Formula 1," kata pemilik tim dan ketua Vijay Mallya.

Pebalap 20 tahun yang didukung Mercedes itu bergabung dengan Perez di Force India pada awal musim ini.

Pasangan ini telah beberapa kali berseteru di trek namun telah menjadi hal instrumental dalam membawa tim untuk finis di urutan keempat di klasemen keseluruhan untuk tahun kedua secara beruntun.

"Bertahan dengan Sahara Force India selalu menjadi prioritas saya," kata Perez, yang telah dikait-kaitkan dengan tim lain termasuk Renault, yang kini memilih untuk mengikat pebalap Spanyol Carlos Sainz.

"Ini merupakan tim yang membuat saya memperlihatkan talenta-talenta saya sebagai pebalap dan saya sangat gembira di sini."

"Saya bangga atas semua yang telah kami capai bersama dan menurut saya masih banyak hal bagus lain yang akan datang."

Dengan Perez mengonfirmasi bertahan di Force India dan Sainz di Renault, fokus kini beralih kepada Felipe Massa dan masa depannya di Williams.

Kontrak pebalap Brazil itu, yang kembali dari pensiun singkat pada musim ini, akan habis pada akhir tahun.

Terdapat beberapa kandidat untuk kursinya, termasuk Robert Kubica, yang telah mendatangkan mantan juara dan pebalap Williams Nico Rosberg masuk dalam tim manajemennya.

Itu juga kelihatannya akan membuat Pascal Wehrlein yang didukung Mercedes saat masih junior, yang diperkirakan akan digantikan pebalap junior Ferrari Charles Leclerc di Stuttgart, tidak memiliki banyak pilihan.

Pebalap 22 tahun itu akan difavoritkan untuk mengisi kursi di Force India yang disokong Mercedes saat Perez hengkang.

Masa depan Fernando Alonso juga masih belum jelas namun juara dunia dia kali itu siap memperpanjang masa kerja tiga tahunnya di McLaren, setelah skuad yang bermarkas di Woking itu mengumumkan pihaknya akan beralih dari mesin-mesin Honda ke Renault.

Perez saat ini menghuni peringkat ketujuh di klasemen keseluruhan, unggul tiga angka atas Ocon di peringkat kedelapan.

(Uu.H-RF/T004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017