Hanoi (ANTARA News) - Sekitar 70 persen populasi Vietnam terinfeksi bakteri Helicobacter Pylori (HP) yang dapat menyebabkan tukak usus dua belas jari dan kanker perut, menurut salah satu rumah sakit terbesar di negara itu.

Selain tingginya jumlah orang yang memiliki bakteri HP di perut, Vietnam menghadapi masalah lain yaitu semakin kuatnya bakteri itu terhadap berbagai jenis antibiotik karena sering disalahgunakan, kata Rumah Sakit Bach Mai, Senin, seperti dikutip dari Xinhua.

Beragam jenis obat memiliki efektifitas sekitar 80-90 persen dalam mengobati penyakit perut yang disebabkan oleh bakteri HP di negara-negara lain, namun di Vietnam hanya efektif 50-70 persen.

Resistensi antibiotik adalah masalah yang sulit dipecahkan di Vietnam karena banyak pasien menggunakan antibiotik tanpa resep dokter, kata dokter setempat, mencatat bahwa resistensi menyebabkan rawat inap yang lebih lama, biaya medis lebih tinggi dan meningkatnya tingkat kematian.

Lebih dari setengah populasi dunia menyimpan HP di saluran cerna bagian atas mereka, dan infeksi lebih sering terjadi di negara-negara berkembang dari pada negara-negara Barat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017