Layanan pembayaran mobile Google Tez meluncur di India

Layanan pembayaran mobile Google Tez meluncur di India

Google secara resmi meluncurkan sistem pembayaran mobile baru, Tez, di India. (tez.google.com)

Jakarta (ANTARA News) - Google secara resmi meluncurkan sistem pembayaran mobile baru di India. Dinamai Tez, layanan tersebut tersedia dalam bentuk aplikasi seluler, dan ditujukan untuk mempermudah pembayaran dan transfer uang.

"Kirim uang ke rumah keluarga Anda, pisahkan tagihan makan malam dengan teman-teman atau bayar penjual teh di lingkungan Anda. Lakukan semua pembayaran, besar atau kecil, langsung dari rekening bank Anda dengan Tez," kata Google, dilansir dari GSM Arena.

Seperti yang diharapkan, Tez menggunakan platform UPI (United Payments Interface) yang didukung pemerintah India, dan kompatibel dengan semua bank utama pendukung UPI di negara tersebut.

Untuk keamanan, Google menekankan bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan pengguna.

"Setiap transaksi diamankan dengan PIN UPI dan aplikasi Tez diamankan dengan PIN Google atau metode kunci layar seperti sidik jari," ujar Google.

Layanan ini juga menawarkan opsi Cash Mode yang dapat digunakan untuk mengirim uang langsung ke pengguna Tez lain disekitar pengguna. Pengguna tidak diharuskan untuk berbagi data pribadi -- seperti rekening bank atau nomor telepon -- saat mengirim uang dengan cara ini.

Pengguna juga bisa menggunakan Tez untuk pembelian online. Perusahaan yang sudah bermitra untuk menjalankan layanan tersebut antara lain redBus, PVR dan Domino's.

Bagi pengguna yang menjalankan bisnis online, Google juga menghadirkan Tez for Business. Untuk bahasa, layanan tersebut dapat digunakan dalam bahasa Inggris, Hindi, Bengali, Gujarati, Kannada, Marathi, Tamil dan Telugu. Layanan tersebut tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar