Zico pecah kebuntuan tim atasi Timor-Leste

Zico pecah kebuntuan tim atasi Timor-Leste

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini. (ANTARA/Risky Andrianto)

Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim sepak bola nasional U-16 Fakhri Husaini menyebut kehadiran Sutan Diego Armandoondriano Zico pada babak kedua pertandingan menghadapi Timor-Leste di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Senin, mampu memecah kebuntuan tim.

"Zico mampu membuktikan diri dengan mencetak tiga gol. Dia punya penempatan posisi dan penyelesaian serangan dengan bagus," kata Fakhri dalam keterangan tertulis Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diterima Antara di Jakarta, Senin malam.

Tim Garuda muda sukses menundukkan tim Timor-Leste 3-1 dalam pertandingan penyisihan grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2018 itu.

Tiga gol Indonesia itu dipersembahkan oleh Sutan Zico pada menit ke-60, ke-63, dan ke-89 babak kedua.

Fakhri memasukkan Sutan Zico pada babak kedua untuk menggantikan Amiruddin Bagus Alfikri. Sedangkan pada babak pertama, Fakhir mengganti Brylian Aldama dengan Hamsa Lestaluhu.

"Saya mengganti Brylian dengan Hamsa pada babak pertama agar lini tengah kami kembali hidup karena kami tertinggal 0-1," ujar Fakhri.

Meskipun telah mengambil keputusan dengan tepat dengan menurunkan Hamsa pada babak pertama dan Sutan Zico pada babak kedua, Fakhri menilai permainan anak-anak asuhnya masih melakukan beberapa kesalahan pada babak pertama terutama di sisi tengah lapangan.

"Penampilan Brylian kurang bagus pada lini tengah dan tidak memberikan kontribusi. Sektor tengah itu menjadi bagian penting untuk menyeimbangkan serangan dan pertahanan tim," ujar Fakhri.

Sementara, Sutan Zico mengaku berusaha membuktikan diri setelah mendapatkan kesempatan dari perlatih pada babak kedua.

Kemenangan atas Timor-Leste itu menambah poin tim Indonesia dalam laga penyisihan grup G menjadi enam setelah mengantongi dua kemenangan. Indonesia juga masih menempati urutan pertama grup yang juga diisi tim Timor-Leste, tim Thailand, tim Laos, dan tim Kepulauan Mariana Utara.

Sebelumnya pada pertandingan perdana grup G, Sabtu (16/9), tim sepak bola nasional Indonesia U-16 meraih kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

Timnas U16 Indonesia masih mempunyai dua pertandingan penyisihan grup menghadapi tim Thailand pada Rabu (20/9) dan menghadapi tim Laos pada Jumat (22/9).

(T.I026/T007)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar