Karanganyar (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Presiden ke-2 Soeharto di makam Astana Giribangun Karanganyar, Selasa.

Panglima yang didampingi pihak keluarga besar Presiden ke-2 Soeharto yang diwakili oleh Ari Sigit diikuti Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.

Panglima TNI bersama seluruh Kepala Staf setibanya di Astana Giribangun langsung transit menuju ke Wisma Lerem, dan kemudian rombongan menuju ke ruang Argo Sari atau cungkup tempat jenazah Soeharto dan ibu Tien Soeharto dimakamkan.

Panglima bersama istri beserta rombongan kemudian melakukan doa bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

Menurut Panglima, kegiatan berziarah tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

"Kami bersama jajaran TNI sebelum melakukan ziarah di makam Presiden Ke-2 Soeharto Giribangun Karanganyar, ke makam Presiden pertama Soekarno di Blitar dan Presiden ke-4 Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) di Rembang," kata Panglima.

Panglima mengatakan ketiga pemimpin tersebut harus menjadi tauladan karena makamnya banyak dikunjungi masyarakat rata-rata sekutar 1.000 orang per hari.

Menurut Ari Sigit yang mewakili pihal keluarga Soharto pihak keluarga besar Soeharto mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ziarah oleh TNI.

"Kami berharap kegiatan ini, dapat dilakukan setiap tahun dalam HUT TNI,"katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017