Kupang, Nusa Tenggara Timur (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Selasa sore nanti akan mengunjungi Timor Leste bersama sejumlah warakawuri TNI-AD atau wanita yang ditinggal mati oleh suaminya dengan terlebih dahulu transit di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Panglima TNI dijadwalkan akan mendarat di Bandara El Tari, Kupang, dengan pesawat khusus sekitar pukul 17.30 WITA, sebelum melanjutkan penerbangan ke Timor Leste," kata Kepala Penerangan Korem 161/Wirasakti Kupang Mayor IBP Diana S kepada Antara di Kupang, Selasa.

Ia menjelaskan kunjungan Gatot ke Kupang hanya sebatas transit sekaligus menjemput tiga warakawuri asal Nusa Tenggara Timur sebelum melanjutkan terbang  ke wilayah bekas provinsi ke-27 Indonesia itu.

IBP Diana menjelaskan kunjungan Gatot  ke Timor Leste untuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili serta TMP Baucau bersama para warakawuri.

"Ada sekitar sembilan warakawuri yang diajak Panglima TNI ke negera setengah Pulau Timor bekas koloni Portugis tersebut, yakni lima orang warakawuri dari Pulau Jawa, tiga dari NTT serta satu lagi dari NTB," kata Diana.

Gatot dan rombongan akan ke Dili dengan penerbangan khusus esok Rabu (20/9).

Dalam kunjungan ke Timor Leste itu, Gatot didampingi Kepala Staf TNI-AD, Kepala Staf TNI-AL dan Kepala Staf TNI-AU.

Menurut Diana, Gatot berada di Kupang hanya untuk transit. "Setahu saya hanya beristirahat satu malam saja di Kupang. Besok pagi baru terbang ke Timor Leste. Selama di Timor Leste Panglima hanya berkunjung ke dua makam itu saja, kemudian kembali lagi ke Kupang untuk transit dan kembali ke Jakarta."

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017