Bula, Seram Timur (ANTARA News) - Dua pebalap asal Malaysia yakni Akmal Hakim Sakaria dan Mohamad Izzat Hilmi mendominasi etape II lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas (TdM) 2017 dengan rute Wahai, Maluku Tengah - Bula, ibu kota kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, dan menjadi pebalap tercepat tiba di finis, Selasa.

Akmal Hakim yang mewakili tim Sapura Cycling Team (Malaysia) tiba di garis finis di Desa Waiputih atau 75 kilometer dari lokasi start Kota Wahai dengan catatan waktu 2:12 jam, hanya lebih cepat beberapa detik dari rekan sesama tim Sapura Mohamad Izzat Hilmi yang finis di urutan kedua, sedangkan posisi ketiga di raih pebalap KFC Cycling Tim, Muhamad Imam Arifin.

Keberhasilannya Akmal Hakim Zakaria finis di urutan pertama sehinga dirinya berhak atas jersey hijau sebagai sprinter terbaik di etape ini.

Etape II yang semula berjarak 155,8 kilometer dengan finis di kota Bula, SBT akhirnya diperpendek dan finis di Desa Waiputih atau 75 kilometer setelah setelah start dari Wahai, karena mempertimbangkan keselamatan para pembalap jika harus berlomba hingga malam hari.

Keputusan memperpendek rute etape II tersebut setelah para pembalap, wasit dan Commissaire balap sepeda dunia melakukan rapat dan memutuskannya, menyusul terlambatnya sejumlah pembalap tiba di lokasi stars di Wahai, sekitar lima jam lebih dari jadwal yang ditentukan, disebabkan bus pariwisata yang ditumpangi mengalami kerusakan pada kilometer 54 dari arah kota Masohi.

Sedangkan pebalap asal Australia yang turun membela St George Continental Cycling Team berhasil mempertahankan jersey kuning yang diperolehnya pada etape I Piru, ibu kota kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) - Masohi, Kabupaten Maluku Tengah dengan jarak tempuh 179,7 KM dengan catatan waktu tecepat dibanding 58 pembalap lainnya.

Pada etape III dengan start dari objek wisata pantai Gumamai, Bula, SBT menuju Wahai, Seram Utara, Maluku Tengah yang berlangsung Rabu (20/9) pagi, pembalap asal Australia tersebut harus mewaspadai dua saingan beratnya yang juga berasal dari Australia yakni Jai Crawford yang mengikuti balapan mewakili Kinan Cycling Team (Jepang) serta Jesse Ewart dari tim 7-Eleven Roadbike (Filipina).

Untuk nomor tanjakan (King Mountain) kembali didominasi oleh Ricardo Garcia, pebalap bernomor punggung 23 yang mewakili Kinan Cycling Team (Jepang) dan berhak atas jersey merah.

Sedangkan pebalap Hibatullah Jamal bernomor pungung 11 yang membela KFC Cycling Tim tetap mempertahankan posisinya sebagai pembalap Indonesia terbaik dan tercepat yang telah diraihnya pada etape pertama dan berhak atas jersey merah-putih.

58 Pembalap dari 14 tim akan berlomba pada etape III yang dimulai Rabu (20/9) pagi pukul 10.00 WIT dengan rute objek wisata pantai Gumamai, Bula, SBT menuju lapangan Terbang Wahai sepanjang 153,8 KM.

Tour de Molvccas 2017 yang berlangsung 18 - 22 September terbagi lima etape dengan panjang rute yang ditempuh yakni 714 KM dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp1 miliar tersebut, digelar Pemerintah provinsi Maluku bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata bertujuan memperkenalkan potensi pariwisata di Maluku agar dikenal sebagai salah satu destinasi ungulan di Indonesia maupun mancanegara.

(T.KR-JA/D011)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017