Ribuan warga Pontianak pawai akbar tahun baru Islam

Ribuan warga Pontianak pawai akbar tahun baru Islam

Ilustrasi - Islam Ratusan warga gabungan Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat mengikuti pawai obor di Jalan Gajah Mada, Rabu (20/9/2017). Pawai tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah. (ANTARA /Bernadeta Victoria)

Pontianak (ANTARA News) - Ribuan warga Muslim Kota Pontianak mengikuti pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriah yang dimulai dari halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

"Alhamdulillah peserta pawai akbar tahun ini sangat ramai, yakni tercatat diikuti oleh sebanyak 9.264 peserta pawai dengan jalan kaki, dan 43 kendaraan hias dengan berbagai kreasi berornamen Islami, dalam menambah semarak pawai yang rutin digelar setiap tahun baru Islam di Pontianak," kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji seusai melepas pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam di Pontianak, Kamis.

Sebelum melepas peserta pawai tersebut, Sutarmidji mengajak kepada seluruh umat Muslim untuk membiasakan diri mengucap salam saat bertemu dan menyapa.

"Alhamdulillah tahun ini sangat meriah, dan saya mengajak kepada seluruh umat Islam untuk lebih memasyarakatkan salam, karena dengan memasyarakatkan salam saat setiap bertemu bisa menghindari hal-hal yang tidak nyaman," ujarnya.

Menurut dia, ucapan salam juga menjadi penyejuk dan kunci untuk mempererat tali persaudaraan umat. Ia berharap hari besar Islam maupun penyambutan tahun baru Islam ke depannya lebih meriah lagi.

"Saat ini, pawai akbar ini banyak diikuti pelajar, ke depan kita akan ajak semua kalangan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Raihan menambahkan peringatan Tahun Baru Islam ini diharap bisa menyebarluaskan lambang-lambang Islam.

Ia mencontohnya, Islam diwajibkan shalat, dimana ibadah itu bisa dilakukan di masjid, selain itu juga dengan salam.

"Kami berharap ke depannya sebagai umat Islam kita mulai menghidupkan suasana Islami dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Adapun rute yang akan dilalui oleh peserta pawai pejalan kaki, adalah start mulai dari Masjid Raya Mujahidin, kemudian dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani, Sultan Syarif Abdurrahman, Johan Idrus, M Sohor, MT Haryono, dan finish kembali ke Masjid Raya Mujahidin.

Sedangkan rute bagi pawai mobil hias, adalah start mulai dari Masjid Raya Mujahidin, dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani, Ahmad Dahlan, KH Wahid Hasyim, H Rais A Rahman, Husein Hamzah, dr Wahidin, Danau Sentarum, Ampera, Prof M Yamin, Sultan Syahrir, Sultan Abdurrahman, Johan Idrus, MT Haryono dan finish kembali ke Masjid Raya Mujahidin.

Panitia juga menyediakan hadiah bagi pemenang dan hadiah hiburan bagi peserta pawai akbar tersebut.

Pewarta: Andilala
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Pawai Obor ramaikan Bundaran HI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar