Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan menang 1-0 atas Semen Padang dalam pertandingan pekan ke-25 Liga Gojek Traveloka di Stadion Batakan, Kaltim, Kamis (21/9 malam. Gol tunggal Persiba dicetak gelandang Srdan Lopicic di masa injury time babak pertama.

Persiba yang mengejar poin untuk lolos dari jerat degradasi tidak punya pilihan selain menyerang dan berusaha mencetak gol secepat-cepatnya. Dari kedua sayap, Persiba pun mengirim serangan ke jantung pertahanan Kabau Sirah.

Begitu pula sebaliknya. Semen Padang yang memiliki kekuatan lini tengah bernafsu untuk mencuri poin dari Beruang Madu. Vendry Mofu dan kawan-kawan berusaha masuk dan mengurung pertahanan Persiba.

Namun baru di menit ke-48 Persiba berhasil membobol gawang lawan. Srdan Lopicic yang jadi hero kebangkitan Persiba, kembali menjadi aktor utama. Kemelut di depan gawang Semen Padang membawa bola liar kepada Lopicic yang segera melepaskan tembakan yang tak tertahan kiper Semen Padang Muhammad Ridwan.

Di babak kedua Semen Padang mengambil insiatif menyerang. Persiba juga memasang pertahanan sejak garis tengah lapangan dan tidak membiarkan lawan sampai mendekati kotak penalti.

"Anak-anak bermain disiplin, tenang, dan sabar," puji Pelatih Persiba Hariyadi.

Pertandingan kedua Persiba di Stadion Batakan ditonton 18 ribu lebih penonton. Sebelumnya mereka berkumpul di sejumlah titik di pusat kota di selatan, lalu bergerak bersama, konvoi ke stadion di timur kota.

Pertandingan di Stadion Batakan tersebut juga untuk pertama kalinya diselenggarakan malam hari. Dua kali bertanding di stadion baru yang megah itu, dua kali Persiba menang. Persiba juga belum pernah kebobolan dan mencetak 4 gol ke gawang lawan. Tiga gol diantaranya dibuat ke gawang Persegres Gresik dua pekan lalu.

Kemenangan atas Semen Padang menambah poin Persiba menjadi 19, terpaut 3 poin dari Perseru Serui di atasnya yang mengantongi 22 poin. Persiba menempati urutan ke-17 di klasemen sementara, posisi yang berada dalam zona relegasi atau degradasi.

"Kami akan terus maksimalkan setiap pertandingan untuk meraih poin sebanyak-banyaknya," tegas pelatih Hariyadi.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017