Kunci pertandingan kali ini yaitu saya mengganti para pemain yang jarang diturunkan. Tapi, saya juga tidak terlalu banyak mengganti pemain pada setiap pertandingan."
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim sepak bola nasional Indonesia U-16 Fakhri Husaini mempertimbangkan penggantian ataupun pertahankan para pemain jelang putaran final Piala AFC U-16 yang akan berlangsung di Malaysia pada September-Oktober 2018.

"Setelah ini, kami akan melakukan evaluasi apakah ada pemain yang diganti atau masih layak dipertahankan mengingat Indonesia adalah negara yang luas dengan pemain-pemain bertalenta tinggi yang tersebar di semua daerah," ujar Fakhri di Bangkok, Thailand dalam keterangan tertulis Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diterima Antara di Jakarta, Jumat malam.

Tim sepak bola nasional Indonesia U-16 berhasil melaju ke putaran final Piala AFC 2018 setelah meraih kemenangan 3-0 atas tim Laos pada laga terakhir kualifikasi penyisihan grup G yang berlangsung di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Jumat.

Tim Garuda muda pun mendapatkan kemenangan sempurna dalam empat kali laga penyisihan grup G dan meraih poin maksimal 12.

"Kami sangat bangga dan bahagia karena tim kami dapat memenangkan semua pertandingan pada laga kualifikasi," ujar Fakhri.

Fakhri juga mengapresiasi perjuangan anak-anak asuhnya yang telah berjuang dan membalas kekalahan terhadap dua tim yaitu Thailand dan Laos pada Piala AFF 2017.

"Kunci pertandingan kali ini yaitu saya mengganti para pemain yang jarang diturunkan. Tapi, saya juga tidak terlalu banyak mengganti pemain pada setiap pertandingan," ujar Fakhri.

Sementara, pemain penyerang timnas U-16 Rendy Juliansyah mengaku puas setelah mampu berkontribusi kepada tim dengan gol penalti pada tambahan waktu babak kedua atas Laos.

"Saya sangat senang tim kami dapat lolos dari pertandingan kualifikasi ini. Saya berharap tim kami dapat bertahan dan tampil lebih baik lagi jelang putaran final Piala Asia U-16 di Malaysia pada 2018," ujar pemain bernomor punggung 10 itu.

Sebelumnya pada pertandingan pertama grup G, Sabtu (16/9), Indonesia mencetak kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

Kemenangan itu berlanjut pada laga kedua saat tim asuhan Fakhri Husaini itu melawan tim Timor Leste dengan hasil 3-1 pada Senin (18/9).

Indonesia kembali menang pada laga ketiga sekaligus pembalasan atas tim tuan rumah Thailand pada Piala AFF 2017 dalam pertandingan yang berlangsung Rabu (20/9) dengan hasil 1-0.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017