Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmennya dalam mendukung lahirnya generasi muda berprestasi di bidang olahraga otomotif melalui Pertamax Motorsport Team.

Rifat Sungkar, pebalap nasional sekaligus Direktur Pertamax Motorsport Team, menjelaskan Indonesia perlu melahirkan pebalap muda berkualitas guna menggantikan para pebalap senior di masa mendatang. Ia menilai, Indonesia punya sumber daya manusia berkualitas dan level kompetisi yang bagus untuk melahirkan pebalap muda terbaik.

"Kami harus membina pebalap muda untuk menggantikan saya. Kita punya potensi untuk menjadi besar karena di Indonesia punya level kompetisi dan SDM yang bagus. Tinggal bagaimana kita bisa percaya diri," kata Rifat dalam Talk Show Pertamax Motorsport Team IBd, Jakarta Convention Center, Jumat.

Namun untuk mencetak pebalap-pebalap muda berkualitas, menurut Rifat, ada tantangan ketersediaan fasilitas dan mental pebalap muda yang harus dibangun agar lebih percaya diri saat berkompetisi.

"Kami dari tim selalu berusaha dapatkan hati generasi muda, kami punya semangat besar dan Pertamina konsisten mendukung itu," katanya.

Asisten Manager Marketing Communication Pertamina Danang Widiasurya mengatakan Pertamina terus mendukung Pertamax Motorsport Team untuk mencari bibit-bibit muda dunia balap otomotif di Tanah Air. Saat ini pebalap senior masih diandalkan di level nasional maupun internasional karena kurangnya pebalap muda.
 
"Kami ingin sekali temukan bibit unggul, kami ingin para pebalap senior yang berprestasi yang dulu kita punya misalkan seperti Rifat Sungkar, harus ada penggantinya. Ini dukungan kami," kata Danang.

Selain mencari bibit pebalap muda, program ini juga sebagai sarana penelitian dan pengembangan produk BBM Pertamina karena inovasi bisa langsung dilakukan oleh tim Pertamax Motorsport.
 
"Kami punya tim balap, kami bisa melakukan tes secara kontinu karena teknologi terus mengalami perkembangan," tukasnya.
 
Dukungan terhadap Pertamax Motorsport Team juga menjadi promosi produk jenis Pertamax sebagai produk yang sudah cukup lama dikenal masyarakat namun perlu terus dilakukan peremajaan merek oleh perusahaan.

Pertamax Motor Sport Team merupakan program balap eksklusif bagi para generasi muda yang haus akan tantangan, pacuan adrenalin, dan mendambakan kemenangan.

Saat ini Pertamax Motorsport Team memiliki 11 pebalap yang berlaga diberbagai ajang balapan nasional maupun internasional terdiri dari Sprint rally 1 pebalap, drag bike dua pembalap, drifting tiga pebalap serta offroad lima pebalap.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017