Ayu Pastika bantu pengungsi di Kabupaten Buleleng

Ayu Pastika bantu pengungsi di Kabupaten Buleleng

Made Mangku Pastika (kiri) bersama istri, Ayu Pastika (kanan) (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

...kebutuhan makan, MCK, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya harus mendapat perhatian."
Singaraja (ANTARA News) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ayu Pastika meninjau lokasi pengungsian terkait status awas Gunung Agung di Desa Les dan Tembok, Kabupaten Buleleng, serta langsung menyerahkan sejumlah bantuan.

Ayu Pastika didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Nyoman Wenten, di Singaraja, Buleleng, Jumat, juga mengkoordinasikan sejumlah hal terkait dengan kebutuhan dasar para pengungsi seperti keberadaan dapur umum, MCK, layanan kesehatan hingga sarana bermain bagi anak.

Istri orang nomor satu di Bali itu tidak dapat memastikan hingga kapan warga akan berada di lokasi pengungsian. "Karena itu, kebutuhan makan, MCK, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya harus mendapat perhatian," ujarnya.

Terkait dengan penyediaan konsumsi, dia akan mengkoordinasikan sejumlah organisasi yang diketuainya seperti TP PKK dan BK3S turun langsung ke lokasi pengungsian untuk membantu penyediaan konsumsi. Untuk itu, dia ingin memastikan ketersediaan dapur umum di tiap titik lokasi pengungsian.

Selain kecukupan konsumsi, Ayu Pastika juga menaruh perhatian terhadap fasilitas MCK dan alternatif aktivitas warga agar tak jenuh selama berada di pengungsian.

Dalam peninjauan kali ini, Ayu Pastika membawa bingkisan untuk anak-anak pengungsi Gunung Agung. Selain itu, dia juga menyuplai bahan makanan dan makanan siap saji seperti telor asin, kacang dan serundeng. Bahkan, ia pun sempat membantu para relawan yang tengah menyiapkan konsumsi.

Di sela-sela kunjungannya, Ayu Pastika juga menyemangati para pengungsi agar tetap tabah selama berada di lokasi pengungsian. Dengan naluri keibuan, dia juga memberi perhatian pada balita dan manula. Tak segan, ia menimang-nimang bayi pengungsi dan memijat orang tua yang mengeluh sakit.

Pada kesempatan itu, Ayu Pastika juga menginventarisasi kebutuhan para pengungsi agar nantinya bisa dikoordinasikan dengan instansi terkait. Ia berharap, bantuan dapat diberikan secara terkoordinasi agar merata dan sesuai kebutuhan.

Lokasi Pengungsian di Desa Les menampung 1.400 warga siaga Gunung Agung dari Desa Ban. Sementara Desa Tembok menampung 886 pengungsi yang disebar di lima titik.

Sementara itu, Dinas Sosial Provinsi Bali telah menyalurkan tiga ton beras untuk memenuhi kebutuhan pengungsi selama tujuh hari ke depan.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar