Empat desa di Gorontalo Utara terendam banjir

Gorontalo (ANTARA News) - Empat desa di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Rahmat Patila pada Sabtu mengatakan, banjir mulai merendam pemukiman warga di Desa Monggupo, Kota Jin, Kota Jin Utara dan Pinontoyonga, sejak pukul 06.00 Wita.

Curah hujan yang tinggi sejak Jumat (22/9) sore di wilayah itu menyebabkan debit air sungai Monggupo dan Kota Jin meluap.

Bahkan, tanggul sungai Monggupo jebol, menyebabkan air membanjiri pemukiman warga. "Ratusan rumah warga dipastikan terendam," ujar Rahmat.

Pihak BPBD Kabupaten, sudah menurunkan tim tanggap darurat bencana ditambah taruna siaga bencana (Tagana), yang langsung membantu evakuasi warga.

Serta membuka dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji bagi korban terdampak banjir.

Evakuasi warga dilakukan sejak pagi tadi, khususnya di Desa Pinontoyonga, sebab ketinggian air mencapai satu meter bahkan di beberapa rumah yang ada di bantaran sungai, banjir merendam hingga atap rumah penduduk.

Hingga informasi tersebut disampaikan, kata Rahmat, tidak ada korban jiwa pada musibah ini, namun pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan terkait evakuasi korban terdampak banjir.

Pendataan tentang korban terdampak banjir yang wajib mendapatkan penanganan seperti makanan siap saji, air bersih, pakaian dan selimut, kata Rahmat, terus dikoordinasikan pihaknya dengan pemerintah desa masing-masing.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar