Jakarta (ANTARA News) - Simak lima berita kemarin yang masih layak baca pada hari ini, mulai dari polisi diminta ungkap kemungkinan pedagangan orang dalam kasus lelang perawan nikahsirri.com hingga Indonesia-Inggris perkuat kerja sama bilateral pasca Brexit.


Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perdagangan Anak meminta polisi untuk mengungkap tindak pidana perdagangan orang (TPPO) pada kasus lelang perawan yang disebarluaskan melalui situs nikahsirri.com.

"Kami berharap kepolisian dapat mengusut tuntas apakah ada unsur perdagangan orang dalam kasus ini mengingat unsur eksploitasi terhadap kaum perempuan menjadi sorotan kami dalam kasus ini," kata Menteri PPPA Yohana Yembise.


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga lokasi dalam penyidikan tindak pidana korupsi dugaan suap terkait perizinan pada Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Cilegon Tahun 2017.

"Hari ini sejak pukul 10.00 WIB, secara paralel sejumlah tim KPK lakukan penggeledahan di sejumlah lokasi yang sebelumnya telah disegel," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Minggu.


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, menegaskan, pemutaran kembali film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI, dan ajakan untuk nonton bareng bagi beberapa institusi merupakan hal yang tidak perlu diperdebatkan. 

"Menonton film sejarah memang perlu bagi generasi berikutnya untuk memahami sejarah kebangsaan Indonesia secara utuh. Kita tak perlu malu, marah atau kesal menonton film sejarah. Ajakan atau anjuran menonton tak perlu dipolemikkan apalagi sampai membuat bangsa ini bertengkar dan berselisih," kata Wiranto, di Jakarta, Minggu.


Menteri Pemuda dan Olahraga Iman Nahrawi menyambut kedatangan kontingen National Paralympic Committee Indonesia yang merebut juara umum ASEAN Para Games 2017, di Malaysia, di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Minggu petang.

Menpora yang didampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo langsung menyambut dengan memberikan kalungan bunga kepada Presiden NPC Indonesia Senny Marbun, Ketua Kontingen NPC Indonesia 2017 Bayu Rahardian, dan ratusan atlet dan offisial setibanya di bandara.


Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia, Rizal Sukma, dan Menteri Asia dan Pasifik Inggris, Mark Field, sepakat menguatkan kerja sama di berbagai lini, di antaranya kontra terorisme, perdagangan, investasi, dan keuangan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Field dan Sukma yang didampingi Koordinator Fungsi Politik Kedutaan Besar Indonesia di London, Andalusia Dewi. 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017