Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengakui bahwa pribadinya lebih dikenal sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) oleh masyarakat umum dibandingkan dengan Menteri ESDM saat ini.

"Saya sampai sekarang kalau ketemu orang di mal atau jalan raya, kalau minta foto dengan saya itu nggak pernah bilang Pak Menteri ESDM minta foto. Tapi, Pak Dirut KAI ya. Jadi yang dikenal kereta api nya," canda Jonan ketika membuka acara pameran "Hari Pertambangan" di salah satu hotel, Jakarta, Selasa.

Sembari diikuti tawa dari peserta pembukaan pameran, Jonan melanjutkan perbincangan bahwa sektor energi sudah lama memang menjadi sektor yang tertutup bagi masyarakat.

Berbeda halnya ketika melihat sektor lain, transportasi misalnya, hal tersebut lebih terbuka bagi masyarakat sehingga hasilnya terlihat nyata di masyarakat.

Jonan memang pernah menjabat sebagai Dirut PT KAI sejak 2009 sampai 2014. Kurang lebih enam tahun, Jonan telah berhasil mengubah wajah industri kereta api.

Pria kelahiran Singapura ini, mengawali karirnya dari dunia perbankan, hingga akhirnya terjun ke ranah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal yang membuat diingat publik selain membuat Kereta Api menjadi lebih berkelas dan nyaman adalah aksinya sering tidur di dalam gerbong kereta api ketika kerja turun lapangan.

Tindakannya tersebut yang sering viral di media sosial tertangkap kamera tidur di kursi penumpang, tidak sedikit mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Hingga akhirnya mengantarkannya menjadi Menteri Perhubungan pada awal jajaran Kabinet Kerja dan sempat diberhentikan dari jabatan menteri pada tahun 2016.

Namun di bulan Oktober 2016, Jonan kembali masuk di jajaran kamenterian Kabinet Kerja, namun kali ini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga saat berita ini diturunkan.

(T.A072/B012)

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017