Stockholm (ANTARA News) - Satu pekan sebelum pengumuman hadiah Nobel 2017 dimulai, Yayasan Nobel mengatakan bahwa pemenang tahun ini akan mendapatkan hadian uang yang lebih besar senilai lebih dari satu juta dolar.

"Dewan Direksi Yayasan Nobel memutuskan dalam pertemuannya pada 14 September bahwa Hadiah Nobel 2017 akan berjumlah sembilan juta krona Swedia (sekitar Rp14,9 miliar) per kategori hadiah," kata lembaga swasta yang berbasis di Stockholm itu dalam sebuah pernyataan, Senin (25/9) setempat.

Pada 2012, penghargaan uang tunai dikurangi 20 persen menjadi delapan juta krona (sekitar Rp13,2 miliar) yang telah diberikan sejak 2001 agar krisis modal yayasan tersebut tidak berlangsung untuk jangka panjang, katanya saat itu.

"Meskipun tindakan lanjutan diperlukan untuk memperkuat keuangan yayasan secara jangka panjang, situasinya saat ini dianggap telah stabil," kata Yayasan Nobel pada Senin.

Penghargaan moneter yang diberikan kepada para pemenang Nobel berasal dari dana yang ditinggalkan oleh pendiri hadiah itu, Alfred Nobel, seorang ilmuwan Swedia yang menemukan dinamit.

Hadiah Nobel untuk kedokteran, biasanya menjadi penghargaan pertama yang dianugerahkan setiap tahun, akan diumumkan pada 2 Oktober, diikuti oleh fisika dan kimia pada dua hari berikutnya.

Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan pada 6 Oktober. Tanggal untuk pengumuman hadiah sastra belum ditentukan, demikian AFP.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017