Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan fasilitas publik dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan...."
Jakarta (ANTARA News) - Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta diharapkan dapat membenahi dan mempercepat pekerjaan perbaikan infrastruktur di ibukota seperti jalan dan trotoar yang berlubang.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan produsen semen PT Holcim Indonesia dalam lokakarya di Jakarta, 26-27 September 2017, bagi sekitar 40 orang yang tergabung dalam Pasukan Kuning.

"Kami sangat memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan bagaimana cara penanggulangannya. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat," kata Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia, Marcelo Castro, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi Pasukan Kuning mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar.

Selesai mengikuti pelatihan ini, lanjutnya, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih dan terampil.

Sebagaimana diketahui, Pasukan Kuning dibentuk pada tahun 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas Pekerja Harian Lepas untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar serta mengoptimalkan pekerjaan dan sumber daya yang digunakan.

"Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan fasilitas publik dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki. Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya," kata Kepala Dina Bina Marga Pemprov DKI Jakarta Yusmada Faizal.

Selain itu, ujar Yusmada pelatihan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan taraf hidup pekerja harian tersebut di waktu yang akan datang.

Sejak tahun 2014 silam, Holcim telah menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga dalam berbagai pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, dan jalur pedestrian atau pejalan kaki

Sebagaimana diwartakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak seluruh pemilik atau pengelola gedung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin mendukung pelebaran trotoar di kawasan tersebut.

"Kami mengajak seluruh pemilik atau pengelola gedung untuk mendukung pelebaran area pedestrian di kawasan Sudirman-Thamrin," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Jakarta, Jumat (22/9).

Dengan adanya trotoar yang lebih lebar dan tertata rapi, menurut dia, maka masyarakat atau warga yang bekerja di gedung-gedung di kawasan itu akan semakin nyaman saat berjalan kaki.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017