Sebelum kita berikan ilmu, kita berikan dan didik adab terlebih dahulu. Pendidikan adab juga penting dilakukan dalam rumah tangga masing-masing, dalam keluarga, orang tua tidak boleh lepas tanggugjawab terhadap pendidkan anak-anaknya."
Banda Aceh (ANTARA News) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan butuh sosok pekerja keras untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan Anak Usian Dini (PAUD) di seluruh provinsi tersebut.

"Figur-figur Bunda PAUD itu ada di masing-masing daerah dan mereka nantinya dapat menjadi motor bagi pengembangan pendidikan PAUD di wilayah masing-masing," kata Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mengukuhkan Darwati A Gani sebagai Bunda Paud Aceh dalam Rapat Kerja Daerah, Apresiasi Paud dan Apresiasi Gugus Paud Tingkat Provinsi Aceh.

"Mudah-mudahan Bunda Paud Aceh dapat menjadi teladan bagi Bunda-Bunda PAUD di tingkat kabupaten/kota dan tingkat kecamatan, dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di daerah ini," kata Irwandi.

Irwandi juga berpesan agar Bunda Paud giat bekerja dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk meningkatkan kapasitas pengelola, pendidik dan tenaga PAUD di Provinsi Aceh dan di kabupaten/kota masing-masing.

Irwandi juga menekankan pentingnya pendidikan Adab terhadap anak-anak sejak dini. Pendidikan adab harus dimulai sejak anak belum ada di dalam kandungan, yaitu ketika ibu- bapaknya bergaul dan ketika dalam kandungan sampai mereka lahir.

"Sebelum kita berikan ilmu, kita berikan dan didik adab terlebih dahulu. Pendidikan adab juga penting dilakukan dalam rumah tangga masing-masing, dalam keluarga, orang tua tidak boleh lepas tanggugjawab terhadap pendidkan anak-anaknya," katanya.

Bunda Paud Aceh, Darwati berharap Bunda Paud dari Kabupaten/Kota agar mendukung semangat dalam mewujudkan program PAUD yang lebih baik lagi di Aceh.

"Saya akan menjalankan program Bunda Paud sebelumnya dan melakukan berbagai langkah perbaikan dan peningkatan kinerja Bunda Paud se-Aceh. Saya merasa terpanggil untuk melakukan terobosan guna mengembangkan Paud di Aceh," kata Darwati.

Darwati juga mengajak seluruh Bunda Paud di seluruh Aceh untuk bekerja keras dan cerdas sehingga target nasional satu Paud satu kampung dapat tercapai.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017