IBL sediakan 186 pemain asing dalam "draft"

IBL sediakan 186 pemain asing dalam "draft"

Pemain Pelita Jaya bersama ofisial meluapkan kegembiraan setelah mengalahkan Satria Muda dalam Final IBL 2017 game ketiga di Britama Arena, Jakarta, Minggu (7/5/2017). Pelita Jaya berhasil manang dalam game penentuan itu dengan skor 72-62 untuk memastikan gelar juara IBL 2017. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Liga Bola Basket Indonesia (IBL) menyediakan 186 nama pemain asing yang bisa dipilih dalam acara draft pemain asing pada Senin malam, oleh tim-tim peserta untuk mengarungi musim 2017/2018 mendatang.

Pihak IBL hanya mengizinkan satu tim untuk memilih dua pemain, terkecuali tim tersebut mempertahankan pemain asing-nya yang bermain untuk mereka pada musim sebelumnya.

"Kehadiran pemain asing membuat IBL lebih kompetitif dan berkualitas. Kami harap mereka mampu mengangkat kemampuan pemain lokal," kata Direktur IBL Hasan Gozali di Jakarta, Senin.

Draft pada tahun ini, ujar Hasan, masih sama seperti tahun sebelumnya, dengan klub hanya memilih pemain dari video dan data statistik.

"Kami tidak bisa mendatangkan 203 pemain tersebut, untuk tampil langsung di depan klub karena masalah biaya, sementara untuk masalah fisik kami percaya dengan agen terhadap kondisi fisik pemain," ujarnya.

Hasan menjelaskan setelah para pemain dipilih oleh klub, mereka baru melakukan tes kesehatan dan jika kondisi fisik serta kesehatannya dirasa kurang, klub dapat mengganti pemain asingnya tersebut.

Dengan adanya acara draft pemain asing ini, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengharapkan IBL musim 2017/2018 lebih baik dibandingkan musim sebelumnya.

"Musim 2017/2018 harus belajar dari musim 2016/2017 untuk memperbaiki kekurangannya. Pemain asing draft-nya harus merata. Klub ada yang masih pake satu pemainnya ada yang kedua-nya baru," kata Denny dalam sambutannya.

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar