London (ANTARA News) - Wisatawan asal Prancis yang berkunjung ke Indonesia selama musim panas Juli dan Agustus 2017 meningkat 46 persen untuk departure dan 65 persen untuk yang telah mem-booking paket wisata ke Indonesia, peningkatan ini menjadi yang terbesar untuk tujuan Asia.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana kepada Antara London, Selasa, menyebutkan bahwa musim panas tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi pariwisata Indonesia.

"Peningkatannya sangat signifikan. Untuk booking-an di musim panas ini dari bulan Juli-Agustus, sudah ada kenaikan secara akumulatif sebesar 21 persen dari tahun lalu. Ini membuktikan bahwa negara kita memang negara yang indah," ujar I Gde Pitana didampingi Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Amerika, Timur Tengah Nia Niscaya.

Data ini terungkap dari hasil penjualan paket wisata seluruh operator perjalanan wisata di Prancis untuk liburan musim panas yang dilansir Sindikat Perusahaan Operator Wisata Perancis (Syndicat des Entreprises du Tour Operating/SETO) dan EDV (Entreprises du Voyages) pada 26 September.

Berdasarkan data itu, Maladewa ada di posisi kedua dengan peningkatan 18 persen. Sementara pesaing profesional Wonderful Indonesia, Thailand, turun 6,4 persen.

Menurut Nia Niscaya, upaya keras promosi Wonderful Indonesia ke Negeri Menara Eiffel membius wisman Prancis. Apalagi, angka pertumbuhannya melampaui kunjungan ke Thailand.

"Sangat susah mengalahkan Thailand. Untuk wilayah Asia Tenggara, Thailand itu punya keunggulan kompetitif dari sisi profesionalisme. Thailand juga jauh lebih murah paket-paketnya daripada ke Indonesia. Tapi kita berhasil meyakinkan bahwa yang mahal dan luxury di Indonesia itu memang mendapatkan value yang jauh lebih besar. Ini adalah kelebihan dari aktivitas marketing," ujarnya.

Nia menambahkan, promosi Wonderful Indonesia memang terus dilakukan untuk menjaring turis Menara Eiffel ini untuk berkunjung ke Indonesia. "Hasil ini juga membuktikan bahwa semua promosi menunjukkan hasil," ucapnya.

Beragam jurus rayuan memang kerap dilayangkan Wonderful Indonesia di Paris, Prancis. Tengok saja upaya branding bus-bus wisata di sana. Sejak 12 September hingga 9 Oktober 2017, Wonderful Indonesia berkibar mengelilingi beragam tempat eksotis di Paris.

Beragam keindahan khas Indonesia ditampilkan, dari Candi Borobudur, penari-penari Bali, komodo, Danau Toba Utara, Raja Ampat, dan senyum khas orang Indonesia, semua ada. "Belum termasuk promosi yang dilakukan misi penjualan dalam skala pemasaran penuh B2B dan B2C untuk menjaring target wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Ini menandakan semua usaha dan kerja sama dari seluruh tim untuk mempromosikan program Wonderful Indonesia di Prancis sejak awal 2017 tidak sia-sia," ujarnya.

Secara terpisah Menpar Arief Yahya menyebut Indonesia adalah destinasi yang cocok untuk turis Prancis. Pilihannya sangat beragam. Dari mulai Sanur, Ubud, Labuan Bajo, semua ada. Dan semuanya, sangat cocok dengan karakter wisman Negeri Eiffel.

"Destinasi wisata Indonesia itu banyak yang sudah world class. Naturenya bagus, baharinya juga sangat kuat. Jadi yang suka adventure, tantangan dan bahari, silakan ke Indonesia. Silakan nikmati hangatnya sambutan Wonderful Indonesia," demikian Menpar Arief Yahya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017