counter

Kerja sama agen perjalanan Indonesia-Thailand agar meningkat

Kerja sama agen perjalanan Indonesia-Thailand agar meningkat

Dokumentasi para calon wisatawan mengecek ketersediaan tiket dalam Indonesia Travel and Holiday Fair 2014, di Balai Sidang Jakarta, Jumat (28/2). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Chiang Mai, Thailand (ANTARA News) - Thailand merupakan pasar pariwisata utama Indonesia di Asia Tenggara menyusul jumlah wisatawannya yang ke luar negeri meningkat dari tahun ke tahun, karena itu kerja sama antara agen perjalanan kedua negara diharapkan dapat meningkat.

"Kami berharap setelah table top ini, masyarakat Thailand lebih banyak lagi yang mengunjungi Indonesia dan Thailand akan menjadi pasar utama untuk pelancong internasional," kata Kepala Subbidang Misi Penjualan Minat Khusus dan MICE Kementerian Pariwisata, Wiwiek Widyawati, di Chiang Mai, Thailand, Rabu. 

Indonesia menginisiasi misi pemasaran wisata perjalanan dengan Thailand, yang berlangsung di tiga kota, yakni Phuket, Chiang Mai, dan Bangkok pada 2-6 Oktober 2017.

Kementerian Pariwisata memfasilitasi pertemuan langsung antara biro perjalanan Indonesia selaku penjual dengan biro perjalanan asing di tiga kota itu selaku pembeli.

Widyawati juga mengatakan, mereka menjamin Indonesia merupakan tujuan wisata yang aman.

"Masyarakat Indonesia dikenal di Asia Tenggara sebagai masyarakat yang ramah dan bersahabat . Karena itu, jangan ragu untuk memilih Indonesia sebagai tujuan wisata," katanya.

Thailand memiliki inbound atau masyakatnya yang ke luar negeri sebanyak 32,4 juta per tahun dengan presentasi ke ASEAN sebesar 31 persen. Sementara kunjungan wisman dari Thailand atau outbound pada 2015 sebanyak 9,65 juta orang.

Kementerian Pariwisata pada tahun ini menargetkan 118.000 wisatawan asal Thailand. Pada 2015, kunjungan wisatawan asal Thailand ke Indonesia sebanyak 93.590 orang.

Kunjungan tersebut masih jauh di bawah kunjungan wisatawan Thailand ke negara-negara lainnya di Asia Tenggara seperti Singapura yang mencapai1.571.982 orang dan Malaysia yang mencapai 1.247.270 orang. 

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Indonesia bidik pariwisata dan investasi di Dubai Expo 2020

Komentar