Sambut HUT TNI, warga padati Dermaga Indah Kiat

Sambut HUT TNI, warga padati Dermaga Indah Kiat

Warga menaiki kendaraan lapis baja milik TNI saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten (5/10/2017). Perayaan HUT ke-72 TNI mengusung tema Bersama Rakyat TNI Kuat. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

... pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki."
Cilegon (ANTARA News) - Ribuan warga mulai memadati Dermaga Kiat Indah di Cilegon, Provinsi Banten, guna menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menghadirkan ratusan alat utama sistem senjata (alutsista).

Upacara Peringatan HUT TNI dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB, yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara, dan tamu para pejabat negara, anggota DPR dan lembaga negara, serta perwakilan negara sahabat.

Ribuan warga mulai memadati sejak Kamis dinihari karena sekitar pukul 06.00 WIB wilayah Dermaga Kiat Indah akan ditutup bagi umum bukan undangan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Arus lalu lintas pun di sekitar dermaga pun terlihat tersendat.

Meski diguyur hujan cukup deras, masyarakat tampak penuh antusiasme untuk menyaksikan kehebatan TNI Angkatan Darat (AD), Laut (AL) dan Udara ( AU). .

Bahkan, pengunjung yang ramai memadati Dermaga Kiat Indah membuat dua anak bernama Jihan dan Novi dari Pandeglang hilang.

Hal itu dikatakan oleh salah seorang panitia HUT TNI saat mengumumkan kehilangan dua orang anak itu.

"Saudari Jihan dan Novi agar kembali ke tempat semula. Ditunggu oleh Ibu Euis," katanya.

Sejumlah alutsista milik TNI terbaru dan modern juga ditampilkan dalam upacara HUT TNI, seperti Helikopter Apache, kendaraan pendarat amfibi ringan APV Arisgator buatan Italia, Kapal Selam buatan Korsel, KRI Nagapasa-403, KRI RE Martadinata dan Helly Antikapal selam, Helly Phanter.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebelumnya mengatakan HUT TNI yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu untuk melaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia yang telah membiayai dan mempercayakan TNI tentang alutsista yang dimiliki TNI.

"Jadi bukan besar-besaran. Tapi, pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki. Bagaimana perkembangan alutsistanya, pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Pemprov Maluku Utara dan TNI AUĀ akan dirikan SMK Dirgantara di Morotai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar