Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Stasiun Cikarang (Bekasi)-Jakarta Kota mulai 8 Oktober.

Direktur Utama PT KCI M N Fadhila dalam siaran pers perusahaan menyatakan nantinya ada 16 perjalanan pulang-pergi lintas Cikarang - Jakarta Kota. 

"Dari persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang," katanya.

Pengoperasian KRL itu merupakan upaya memperluas jangkauan KRL sejalan dengan target PT KCI melayani 1,2 juta penumpang pada 2019. 

Dua stasiun baru, Bekasitimur dan Cibitung, sudah dibangun untuk mendukung operasi KRL hingga Cikarang. Stasiun Cikarang juga sedang direvitalisasi dan Stasiun Tambun akan diperbaiki.

PT KCI pun telah menyiapkan infrastruktur e-ticketing dan kelengkapan pelayanan di empat stasiun tersebut. 

Selain sarana rangkaian KRL dan jadwal perjalanan, PT KCI juga telah menyiapkan petugas tambahan untuk layanan pelanggan, petugas loket, pengamanan, hingga kebersihan. 

Untuk melayani transaksi tiket elektronik, PT KCI telah memasang sembilan gerbang elektronik dan enam mesin Point of Sales (POS) di Stasiun Cikarang; delapan gerbang elektronik dan empat mesin POS di Stasiun Cibitung; empat gerbang elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Tambun; serta Sembilan gerbang elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Bekasi Timur.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017