Mensos Khofifah ajak karang taruna bersihkan TMP

Mensos Khofifah ajak karang taruna bersihkan TMP

Khofifah Indar Parawansa (ANTARA /Trisnadi)

Sidoarjo (ANTARA News) - Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa mengajak kepada karang taruna yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur untuk bersama-sama membersihkan taman makam pahlawan (TMP) menjelang Hari Pahlawan 10 November.

"Karang taruna salah satunya bisa melaksanakan bakti sosial dengan bersih-bersih taman makam pahlawan di daerah masing-masing," ujarnya usai menghadiri Jambore Karang Teruna yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu.

Ia mengemukakan, salah satu bentuk bakti sosial tersebut seperti membersihkan rumput yang sudah tinggi, batako yang rusak diganti, yang jelek dicat ulang.

"Mari karang taruna mengajak elemen pemuda lainnya termasuk dari kalangan pesantren untuk menengok taman makam pahlawan ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya bakti sosial menjelang 10 November ini maka bisa menggelorakan jiwa patriotisme di karang taruna termasuk juga dari kalangan santri.

"Karang taruna yang memiliki struktur sampai ke tingkat desa, oleh karena itu karang taruna menjadi front liner masalah kesejahteraan sosial di masyarakat," ujarnya.

Indonesia mendapatkan bonus demografi atau usia kelompok muda menggelembung, dan oleh karena itu harus maksimalisasi energi positi pemuda.

"Karang taruna yang ada di desa atau kelurahan memiliki peran supaya dana desa dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, perlu mendapatkan bimbingan teknis dari masing-masing pemerintah kabupaten," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Imam Syafii mengatakan, pada kegiatan jambore kali ini diadakan bazar hasil produksi dari masing-masing kecamatan di kabupaten setempat.

"Selain itu, besok pagi karang taruna yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini akan melaksanakan bersih-bersih sungai di kabupaten setempat," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar