Pohon Leci tertua Kebun Raya sempat dibukukan

Pohon Leci tertua Kebun Raya sempat dibukukan

pohon tumbang (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

Selain leci, Kebun Raya Bogor juga memiliki pohon raja yang usianya ratusan tahun
Bogor (ANTARA News) - Pohon leci (Litchi chinensis sonn), salah satu koleksi tertua Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, yang tumbang pada Rabu (4/10) sempat diabadikan sebagai sampul buku katalok koleksi Kebun Raya Bogor tahun 2010.

"Pohon leci ini kita jadikan sampul katalok koleksi Kebun Raya Bogor tahun 2010," kata Kepala Subbagian Kerjasama dan Informasi PKT Kebun Raya Bogor-LIPI Rosiniati Apriani Risna di Bogor, Senin.

Risna menyebutkan pohon leci yang menjadi salah satu dari 600 koleksi tertua di Kebun Raya Bogor tersebut cukup dikenal dan menjadi fenomenal karena usianya yang mencapai 194 tahun.

Menurutnya, keberadaan pohon tersebut menjadi kebanggan bagi peneliti di Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu keberadaannya diabadikan dalam sampul buku katalok koleksi Kebun Raya tujuh tahun silam.

Pada sampul buku katalok tersebut, dapat dilihat seperti apa penampakan pohon yang ditanam tahun 1823 di bawah kepemimpinan C.L Blume itu. Akar pohon yang cukup besar menggambarkan kekokohan pohon yang tumbang pada Rabu (4/10) lalu.

"Pohon ini sangat berjasa bagi kita, selama 194 tahun berapa banyak karbon yang sudah diserapnya, setiap pohon memiliki daya serap karbon masing-masing sesuai ukurannya, yang jelas kontribusinya sangat besar bagi lingkungan," kata Risna.

Risna menyebutkan saat ini Kebun Raya Bogor memiliki koleksi 12.469 spesimen terdiri atas 3.240 jenis, dan 9.685 spesimen anggrek yang terdiri atas 583 jenis. Dari jumlah tersebut sebanyak 600 spesimen (pohon) berusia di atas 100 tahun, dan 3.000 pohon yang berusia 50 tahun.

"Selain leci, Kebun Raya Bogor juga memiliki pohon raja yang usianya ratusan tahun," katanya.

Ia menyebutkan, keberadaan pohon leci di Kebun Raya Bogor menjadi fenomenal, karena menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang terkesan dengan keberadaan pohon tersebut. Lokasinya berada di sisi barat tepi kolam Gunting yang berhadapan langsung dengan halaman belakang Istana Kepresidenan bogor.

Pihak Kebun Raya Bogor masih menginvestigasi untuk mengetahui penyebab pasti tumbangnya pohon tersebut. Tetapi dari pengamatan secara kasat mata, pada batang pohon yang tumbang terlihat ada indikasi jejak rayap.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kebun raya terbesar di Asia Tenggara, dengan luas 87 hektare berada di jantung Kota Bogor, menyatu dengan Istana Kepresidenan Bogor. Mei 2017 lalu Kebun Raya Bogor merayakan ulang tahunnya ke 200 tahun.

Selain sebagai pusat konservasi eks situ, Kebun Raya Bogor memiliki peran dan fungsi sebagai jasa lingkungan, untuk keperluan penelitian, pendidikan lingkungan dan objek (wisata.

(Baca juga: LIPI siapkan regenerasi pohon leci tertua yang tumbang)

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar