Jakarta (ANTARA News) - Transformasi digital kini terjadi di segala lini kehidupan, tak terkecuali di bidang pendidikan. Acer bersama Google melalui perangkat Chromebook mewujudkan kelas digital di IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta.

"Kami membawa teknologi terbaru untuk membawa dunia pendidikan lebih baik lagi. Dengan melihat track record IICS kami meyakini dapat membatu prestasi murid lebih baik lagi untuk mendapatkan solusi pembelajaran yang baik demi mendapatkan 21st century skill," kata Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia, dalam temu media di IICS, Jakarta Barat, Senin.

"Dengan adanya kelas digital, IPEKA menjadi salah satu sekolah yang paling pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi ini," sambung dia.

IICS menyadari pentingnya peranan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya siswa, salah satunya dengan mengimplementasikan metode pembelajaran blended learning.

Metode ini merupakan penggabungan antara proses belajar mengajar tradisional dengan menerapkan konsep belajar secara digital dan mobile dengan memanfaatkan dukungan perangkat dan solusi dari Acer Chromebook bagi siswa dan guru.

Proses pembelajaran tersebut membuat tak ada lagi batasan waktu dan tempat dalam belajar sehingga interaksi antara guru dan siswa dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

Dukungan ekosistem Google dan perangkat Chromebook memungkinkan siswa untuk menyimpan semua dokumen dengan aman di cloud dengan kapasitas penyimpanan tanpa batas, dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

"Tidak hanya menghapal tapi berpikir kreatif dan berkolaborasi dengan teman-temannya di era digital dapat didukung perangkat yang ada. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dapat mempersiapkan anak-anak untuk bisa bersaing menjadi pemimpin dunia," ujar Handojo, CEO IPEKA Integrated Christian School.

Telah mengimplementasikan kelas digital sebagai pilot project sejak dua tahun lalu, kelas digital terbukti telah membantu guru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar.

Kini guru dapat memberikan tugas melalui Google Docs dan secara otomatis membuat duplikasi untuk setiap murid. Murid pun dapat langsung mengerjakan tugas dalam dokumen tersebut. Guru juga dapat membuat pengumuman dan memulai diskusi serta menjawab murid secara real-time, bahkan pada akhir minggu laporan kerja siswa otomatis terkirim ke orang tua.

Dalam kelas digital di IICS, seluruh siswa kelas VII dan X akan mendapat unit Acer Chromebook yang telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung dari Google, seperti Google Chrome, Google Drive, Google Search, App List Button, YouTube, Hangout, Classroom, Calendar dan sites.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017