Pontianak (ANTARA News) - KRI Teluk Gilimanuk-531, Senin, bersandar di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat, dalam melakukan pengisian bahan logistik pendukung sebelum melakukan patroli di perairan Indonesia.

Komandan KRI Teluk Gilimanuk-531, Mayor Pelaut Puji Basuki, di Pontianak, mengatakan, kedatangan KRI Teluk Gilimanuk-531 ke Pontianak itu bermaksud untuk mengisi ulang beberapa bahan logistik pendukung untuk menunjang tugas dan pelayaran berikutnya.

"Sebelumnya, kami melakukan patroli di perairan Natuna dan sekitarnya, lalu singgah ke Pontianak untuk mengisi logistik," katanya.

Menurut dia, KRI Teluk Gilimanuk-531 yang adalah kapal pendarat tank alias landing ship tank kelas Frosch I-108 yang pada 1994 diakuisisi TNI AL dari Angkatan Laut Jerman Timur, yang juga menjadi bagian dari armada pendarat bagi pasukan Marinir TNI AL.

KRI Teluk Gilimanuk-531 itu dibangun VEB Peenewerft, Wolgast, Jerman Timur, pada 1976. "Walaupun usianya sudah cukup tua, namun KRI Teluk Gilimanuk-531 masih bisa eksis sampai saat ini," katanya.

"Kapal ini di bawah Satuan Amfibi Komando Armada Indonesia Kawasan Barat TNI AL," ujarnya.

Ia menambahkan, selama di Laut Natuna, KRI Teluk Gilimanuk-531 bertugas berpatroli, termasuk mencegah dan menanggulangi pencurian ikan oleh kapal ikan asing.

Pewarta: Slamet Ardiansyah dan Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017