Pontianak (ANTARA News) - Pangkalan TNI AU Supadio kembali menjadi tuan rumah Latihan Bersama (Latma) TNI Angkatan Udara dengan Republic of Singapura Air Force (RSAF) yang bertajuk "Camar Indopura XXIV 2017".

"Latihan bersama ini bertujuan meningkatkan kerjasama kedua negara khususnya antara TNI AU dengan RSAF. Latma ini melibatkan Alutsista dari angkatan udara kedua negara," kata Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, di Sungai Raya, Senin.

Latma Camar Indopura ke-24 tahun 2017, secara resmi dibuka oleh direktur latihan dari TNI AU, Kolonel Pnb Reka Budiarsa dan direktur latihan dari RSAF, Kolonel Zakir Hamid di ruang rapat Baseops Lanud Supadio.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk peningkatan kerja sama bidang kemiliteran antara Indonesia-Singapura khususnya antara TNI AU dengan RSAF," tuturnya.

Minggit menjelaskan, Latma ini akan berlangsung empat hari ke depan, yaitu hingga Kamis (14/10). Dalam Latma di bidang operasi udara ini, diharapkan mendapatkan data-data tentang pengamanan wilayah laut kedua negara.

Dalam Latma ini digunakan dua pesawat patroli maritim (Patmar), yaitu pesawat Boeing 373-200 dari Skadron Udara (Skadud) 5 Lanud Hasanuddin Makassar dan pesawat F-50 MPA dari 121 ST Sqn RSAF.

"Selain meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit, Latma ini sangat penting untuk meningkatkan dan mempererat hubungan bilateral kedua negara," katanya.

Dia juga menjelaskan, Latma ini sangat mengutamakan keamanan, agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan lancar. Dalam Latma ini telah ditentukan rute dan misi operasionalnya, sehingga personel akan mendapatkan gambaran yang jelas terkait hasil Latma.

"Bagi Lanud Supadio, kegiatan merupakan suatu kehormatan karena dipilih jadi tuan rumah Latma. Semoga kegiatan ini bisa berjalan lancar," kata Minggit.

Exircise Director RSAF, Colonel Zakir Hamid mengatakan, dengan adanya Latma ini, pihaknya bisa mendapatkan berbagai pengalaman baru, dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit RSAF.

"Dari Latma ini, kami berharap bisa mendapat ilmu dan pengalaman dari diskusi yang dilakukan. Kami berterima kasih dengan sambutan hangat dari Danlanud Supadio dan jajaran," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017