Effendi Simbolon apresiasi Presiden bangun infrastruktur Sumut

Effendi Simbolon apresiasi Presiden bangun infrastruktur Sumut

Effendi MS Simbolon (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Medan (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon mengapresiasi komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan infrastruktur di Sumareta Utara.

"Operasional jalan Tol Medan-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai akan mendorong ekonomi Sumut lebih cepat. Kalau dewasa ini di kisaran limaan persen, maka dua-tiga tahun ke depan diprediksi bisa tumbuh di atas 6 persen," kata Effendi Simbolon dalam keterangannya yang diterima di Medan, Senin.

Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) itu menyebutkan, infrastruktur jalan memang sangat vital untuk menunjang perekonomian daerah atau suatu negara.

Ada anjuran menyebutkan jika ingin membangun ekonomi maka perlu membangun jalan terlebih dulu," ujar Effendi yang masih tetap mendapat dukungan kuat untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut periode 2018-2023.

Dia menyebutkan, di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) misalnya mampu membangun jalan tol rata-rata sepanjang 3.000 km per tahun sehingga kini memiliki ruas tol lebih dari 40.000 km.

Hasil dari infrastruktur yang bagus itu membuat kinerja ekonomi negara itu sangat mengesankan atau mampu tumbuh 7-8 persen per tahun, bahkan sempat rata-rata 10 persen dalam periode 2002-2007, sebelum perekonomian dunia melambat akibat krisis finansial global tahun 2008.

Bahkan dewasa ini, RRT sudah menjadi kekuatan baru ekonomi yang sangat diperhitungkan dunia.

Effendi menyebutkan berdasarkan data, Indonesia baru memiliki jalan tol sepanjang 738 km atau masih sedikit sehingga kinerja perekonomian nasional tidak sekuat RRT.

"Kebutuhan jalan itulah yang berusaha dipenuhi oleh pemerintahan Presiden Jokowi dengan program membangun banyak infrastruktur, termasuk jalan tol di Sumut," katanya.

Effendi mengemukakan pengoperasian dua ruas tol baru di Sumut akan membuat panjang jalan tol di provinsi itu menjadi 113 km dari selama hampir 30 tahun terakhir yang hanya memiliki jalan tol sepanjang 33 km di ruas Belawan-Medan-Tanjungmorawa (Belmera).

Jalan tol itu sendiri akan diteruskan hingga ke kawasan Danau Toba juga menunjukkan komitmen kuat pemerintah pusat untuk memajukan pariwisata Sumut.

Dia berharap, masyarakat mendukung penuh program pembangunan infrastruktur tersebut dengan mempermudah proses pembebasan lahan yang dibutuhkan proyek itu.

"Harus ada dukungan kuat karena pemerintah juga akan membangun tol dan juga kereta api Trans Sumatera yang semuanya bertujuan untuk menggerakkan perekonomian yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Effendi.

(T.E016/I023)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tol Binjai-Medan-Tebing Tinggi sudah terintegrasi layani masyarakat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar